Alumni Al Azhar Sedunia Berkumpul di NTB

62
Pembukaan Konferensi Internasional Alumni Al-Azhar Mesir oleh Gubernur NTB, Prof Quraish Sihab dan Guru Besar Al Azhar (Foto: Humas NTB)

MATARAM (suaramuslim.net) – Sekitar 400 orang Alumni dan Guru Besar Universitas Al Azhar Kairo Mesir dari berbagai negara berkumpul di Mataram Nusa Tenggara Barat dalam rangka Konferensi Internasional Alumni Al-Azhar Mesir.

Dilansir dari website resmi Biro Humas Protokol Pemprov NTB, pada Selasa (17/10) malam Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH M Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) membuka acara dengan mengadakan jamuan makan malam kepada seluruh peserta di Hotel Lombok Raya Mataram. Dalam jamuan tersebut TGB memberikan sambutan selamat datang dilanjutkan sambutan oleh Prof. Dr. Abdul Fadhil El-Qoushi yang merupakan mantan Menteri Waqaf Mesir sekaligus perwakilan dari Universitas Al-Azhar Kairo.

TGB menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta dari berbagai negara seperti Irak, Yaman, Yordania, Mesir, India, Jepang dan sebagainya. Dalam sambutannya TGB berharap dengan kunjungan para Ulama’ dari berbagai negara akan mendatangkan keberkahan bagi seluruh masyarakat NTB.

“Kehadiran para Tokoh Ulama Alumni Al-Azhar dari berbagai penjuru dunia dapat dijadikan sebagai motivasi untuk mendorong kehidupan masyarakat yang damai dan toleran, sebab Al-Azhar dikenal sebagai salah satu benteng moderasi Islam yang terdepan” kata TGB.

Sementara Prof. Dr. Muhammad Abdul Fadhel El-Qoushi menyatakan kekagumannya dengan pelaksanaan ajaran Islam di NTB dalam bertoleransi.

“Islam bukanlah kehidupan saling membenci atau saling menjauhkan diri dengan umat lain, namun Islam adalah saling berkontribusi, saling membangun hidup dan saling memberi kemanfaatan dalam kedamaian dengan seluruh umat beragama, dan hal tersebut kita saksikan di NTB” ujar Prof. Muhammad.

Selanjutnya Konferensi Internasional Alumni Al-Azhar juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (19/10) di Islamic Centre Nusa Tenggara Barat di Mataram.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here