Seorang pria sedang duduk. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Duduk berjam-jam di depan komputer ketika bekerja, mengerjakan tugas sekolah, dan sebagainya acap kali berujung pada sakit punggung dan pinggang. Sebenarnya, kondisi ini bisa dihindari asalkan kamu tahu bagaimana posisi duduk yang benar. Ya, tanpa disadari sakit punggung dan pinggang yang terjadi disebabkan oleh posisi duduk yang salah.

Posisi tubuh saat duduk memberikan tekanan besar pada otot punggung, bahu, leher, dan tulang belakang. Jika posisi tubuh saat duduk menggelesor atau sambil membungkuk, maka tekanan di bagian-bagian tubuh tersebut akan bertambah kuat. Posisi duduk yang buruk ini bisa menjadi salah satu penyebab umum nyeri punggung.Lantas, bagaimana posisi duduk yang seharusnya?

1. Duduk tegak, punggung lurus

Pertama-tama, pastikan pinggang dan bokong menyentuh bagian belakang dan sandaran kursi. Lalu, ambil sikap tegak sampai lengkungan tulang belakang terlihat. Menerapkan posisi duduk seperti ini mungkin awalnya akan membuat kamu merasa tidak nyaman, namun seiring berjalannya waktu akan terbiasa dengan sendirinya.

Kamu juga bisa menaruh bantal kecil di belakang punggung bawah. Bantal kecil ini berfungsi sebagai penopang punggung bawah sehingga posisi duduk yang benar bisa dipertahankan selama duduk.

2. Sesuaikan ketinggian kursi

Sesuaikan ketinggian kursi hingga lengan membentuk huruf L dan siku berada di samping tubuh. Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan dan lengan menjadi lurus dan sejajar dengan lantai ketika mengetik. Cedera tangan atau lengan pun bisa dihindari.

3. Letakkan kaki di lantai

Pastikan berat badan kamu menyebar secara merata di seluruh pinggul Anda. Tekuk lutut Anda pada sudut yang tepat. Kaki kamu harus rata dengan lantai. Jika kamu mengenakan sepatu dengan hak tinggi, lebih nyaman jika kamu melepasnya. Jika kaki kamu tidak bisa mencapai lantai, gunakan sandaran kaki. Hindari duduk dengan kaki disilangkan, karena dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan ketegangan otot.

4. Atur jarak dan ketinggian layar

Setelah berada pada posisi duduk yang benar, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jarak antara mata dengan layar komputer. Ini juga perlu menjadi perhatian khusus kamu mengingat posisi layar memengaruhi kenyamanan duduk dan tentu saja, kesehatan mata.

Cara menempatkan layar komputer pada jarak yang ideal adalah, rentangkan kedua tangan kamu ke arah depan dan letakkan diatas meja. Letak ujung jari tangan adalah posisi ideal dari layar komputer.

Jangan lupa juga untuk mengatur ketinggian layar komputer. Idealnya, ketinggian layar tak boleh kurang atau melebihi 5 (lima) sentimeter dari letak kedua mata kamu. Posisi monitor yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dikhawatirkan akan menyebabkan masalah pada mata dan juga leher.

5. Gunakan palm rest

Demi menjaga pergelangan tangan agar tidak cepat lelah dan sakit, maka keyboard yang dilengkapi dengan Palm Rest ialah pilihan yang tepat. Palm Rest ialah sebuah gundukan yang berada di depan keyboard untuk menjaga posisi pergelangan agar tetap baik.

6. Jangan duduk terlalu lama

Jika posisi duduk yang benar sudah dilakukan, cobalah untuk tidak duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Disarankan untuk mengubah postur tubuh sesering mungkin. Selain itu, sering-seringlah istirahat dan melakukan peregangan atau stretching, walau hanya sebentar. Hal tersebut sangat baik bagi kesehatan punggung karena bisa mengurangi ketegangan dan nyeri otot.

Perlu diingat bahwa terlalu lama duduk, terlebih jika duduk dalam posisi yang salah, dapat meningkatkan risiko kaki menjadi kaku dan lemah, sakit punggung dan pinggul, bahu dan leher menjadi kaku, saraf terjepit, obesitas, varises, penyakit jantung, diabetes, hingga depresi. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama dan jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

7. Beristirahatlah

Kendati kamu telah menerapkan posisi duduk yang benar, bukan berarti kamu bisa duduk sepanjang hari dari mulai kerja hingga jam kerja di hari itu berakhir, ya.

Setiap beberapa jam sekali, cobalah untuk ‘beristirahat’ sejenak dengan berdiri dan berjalan santai atau sekedar melakukan peregangan otot. Ini penting agar tubuh (terutama pinggang, punggung, leher, dan tangan) tetap rileks. Jadi, jangan paksa tubuh untuk duduk terus-menerus jika tidak ingin mengalami nyeri badan di kemudian waktu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.