Budi Gunawan dalam kuliah umumnya di Universitas Wahid Hasyim Semarang pada Sabtu (28/4) (foto: istimewa)

SEMARANG (Suaramuslim.net) – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam kuliah umum di Universitas Wahid Hasyim Semarang pada Sabtu (28/4) lalu menyebut bahwa ideologi Pan-Islamisme mengancam Pancasila dan keutuhan NKRI.

Selain Pan-Islamisme, ideologi lain yang menurut Budi Gunawan mengancam Pancasila adalah ideologi Marxisme dan Ultranasionalisme.

“Tiga ideologi ini sedang berkompetisi memperebutkan pengaruh, persaingan tiga ideologi ini juga sudah mempengaruhi pikiran masyarakat, terutama setelah era Perang Dingin berakhir” ujar Budi Gunawan dalam sebuah siaran pers.

Dalam Kongres Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU), Budi Gunawan mengungkapkan 39 persen mahasiswa telah terpapar ideologi Islam radikal.

“Bahkan ada 3 perguruan tinggi yang mendapat perhatian khusus karena menjadi basis penyebaran paham Islam radikal” katanya.

Selain itu dari survey yang telah dilakukan, Budi menyampaikan data 24 persen mahasiswa dan 23,3 persen pelajar SMA setuju dengan jihad untuk mewujudkan negara Islam. Menurut Budi kondisi ini mengkhawatirkan karena mengancam keberlangsungan NKRI.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.