tips menghafal al quran

Suaramuslim.net – Ingin menghafal Al Quran namun merasa kesulitan? Tips ini mungkin cocok untuk Anda yang merasa kesulitan dalam menghafal Al Quran.

Menghafal Al Quran memang sepertinya tidak masuk akal. Namun fakta berbicara lain, di sekitar kita pun sangat mudah ditemukan orang-orang yang berhasil mengahafalkan seluruh Al Quran.

Dr. Raghib As Sirjani mengemukakan bahwa menghafal Al Quran adalah mukjizat. Menurutnya, tidak ada satu pun kitab samawi maupun non samawi yang bisa di hafalkan oleh banyak orang layaknya Al Quran. Namun tentu untuk dapat menghafalkannya dengan sempurna, diperlukan keseriusan dalam diri ketika menghafalkan Al Quran.

Niat, Ikhlas Mencari Ridho Allah

Langkah pertama yang perlu dipenuhi adalah niat ikhlas mencari ridho Allah. Hal ini harus ditanamkan dalam hati, luruskan niat, sehingga tujuan menghafal Quran semata-mata hanya karena Allah subhanahu wa ta’ala saja. Dengan niat hanya karena Allah, insyaAllah akan memberi kemudahan.

Berdo’a di Waktu Mustajab

Setelah niat lurus karena Allah subhanahu wa ta’ala, selanjutnya yang dilakukan adalah berdoa. Anda bisa berdoa di waktu-waktu mustajab seperti, di hari Jum’at, waktu turunnya hujan, waktu antara adzan dan iqamah, di seperempat malam, setelah khatam Al Quran dan berbagai waktu mustajabah lainnya.

Baca Juga :  Karya Ilmiah Sang Maha Pandai Tentang Puasa Ramadhan

Menentukan Jadwal Harian untuk Menghafal

Tentukan jadwal harian untuk menghafal, hal ini bisa dimulai dengan memasang alarm di handphone di waktu yang sama setiap harinya. Usahakan waktu yang ditentukan tidak berdekatan dengan kegiatan pokok yang lainnya. Di saat jam menghafal telah tiba, fokuskan diri untuk sepenuhnya mengahafal dan tidak bercampur dengan aktivitas yang lainnya.

Siapkan Media Pembelajaran

Menyiapkan media pembelajaran untuk menghafalkan Al Quran adalah hal yang tak kalah penting. Sebelum memulai menghafal, siapkan media pembelajaran yang bisa menunjang anda untuk menghafal Al Qur’an. Misalnya, seperangkat CD Juz Amma dan huruf maupun seperangkat  software program Ayat.

Pilihlah Tempat yang Kondusif

Lingkungan dan situasi di sekeliling kita tentu akan mempengaruhi konsentrasi untuk menghafalkan Al Quran. Untuk itu, memilih tempat yang kondusif adalah hal yang sangat penting untuk menunjang tingkat konsentrasi Anda. Pilihlah tempat yang tenang dan tidak bising, sehingga Anda tidak merasa terganggu dengan suara-suara lainnya yang nantinya akan memecah konsentrasi dalam menghafalkan Al Quran.

Baca Juga :  Memperlakukan Al Quran Digital Tidak Sama dengan Mushaf

Demikian ulasan mengenai tips dan trik jitu agar mudah menghafal Al Quran. Selamat mencoba.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.