Gejala Umum Anemia yang Kadang Tak Disadari

Gejala Umum Anemia yang Kadang Tak Disadari

Papan tulis kecil bertuliskan "anemia" dan stetoskop. Foto: sahabatnetsle.co.id

Suaramuslim.net – Kurang darah atau anemia merupakan gangguan kesehatan saat sel darah merah atau hemoglobin sedang tak berfungsi dengan baik atau mengalami penurunan kadar di bawah normal. Akibat kondisi ini, organ tubuh tak mendapatkan pasokan oksigen cukup sehingga membuat penderita pucat dan mudah lelah.

Pengertian anemia

Penyakit anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, tubuh yang tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen akan mengalami anemia. Akibatnya, seseorang mungkin akan merasa lelah atau lemah. Selain itu, gejala lain mungkin muncul adalah sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

Mengenali macam-macam gejala anemia

Berikut adalah beberapa macam gejala anemia yang umum ditemui:

1. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala yang paling umum muncul akibat kurang darah. Namun, kelelahan sebagai ciri-ciri anemia sedikit berbeda dengan kelelahan biasa.

Kelelahan atau kecapekan terjadi karena tubuh kamu kekurangan sediaan hemoglobin yang mencukupi. Hemoglobin merupakan protein khusus yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh lewat bantuan sel darah merah.

Ketika tubuh kekurangan hemoglobin, otomatis semua sel dan jaringan tubuh kamu akan kekurangan oksigen. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan sel darah merah beroksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh kamu rasanya jadi cepat lelah.

2. Kulit pucat

Kulit pucat adalah salah satu ciri-ciri umum dari anemia. Darah kita berwarna merah karena mengandung hemoglobin.

Jaringan kulit itu sendiri memiliki banyak pembuluh darah kecil. Rona kulit kita sedikit banyak dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar. Itu sebabnya ketika kadar hemoglobin rendah, kulit dapat berwarna pucat.

Warna kulit pucat sebagai gejala kurang darah dapat terlihat pada seluruh bagian tubuh, atau bagian tertentu saja. Namun, area yang biasanya tampak lebih mudah memucat adalah wajah, gusi, bagian dalam bibir, kelopak mata bawah, dan punggung kuku.

Seseorang yang kulit tubuhnya pucat biasanya sudah mengalami gejala anemia sedang hingga berat.

3. Pusing dan sakit kepala

Pusing dan sakit kepala bisa terjadi karena hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh tak berjalan dengan baik sehingga otak nggak punya pasokan oksigen yang cukup.

4. Sesak napas

Anemia juga bisa membuatmu mudah sesak napas. Lagi-lagi karena nggak ada Hb yang cukup di bagian paru-paru sehingga kadar oksigen pun berkurang.

5. Jantung berdebar

Ciri-ciri anemia akibat kekurangan zat besi umumnya menimbulkan sensasi jantung berdebar kencang, yang disebut palpitasi.

Jantung dapat berdetak lebih cepat dan kencang dari biasanya karena tubuh kekurangan hemoglobin. Minimnya sediaan hemoglobin kemudian membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk mengalirkan darah beroksigen. Gejala ini biasanya terjadi ketika kamu sudah menderita anemia dalam waktu yang sudah cukup lama.

Pengobatan anemia

Pengobatan harus diarahkan pada penyebab anemia. Di antaranya adalah:

  • Transfusi darah.
  • Pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.
  • Pemberian obat dengan tujuan untuk memperbanyak sel darah dalam tubuh.
  • Mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin, serta mineral lainnya.

Pencegahan anemia

Pencegahan anemia dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan minum vitamin C agar tubuh dapat menyerap lebih banyak zat besi dari makanan.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!