Gibah Oh Gibah

0
Ilustrasi dua orang saling berbicara. Ils: islami.co

Suaramuslim.net – Saudaraku yang berbahagia, Jumat ini kita akan meresapi makna firman Allah dalam Surat Al-Hujurat ayat 12 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purbasangka (kecurigaan), karena sebagian dari purbasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Ikhwah fillah…
Gibah itu menggunjing, menyebut aib saudara kita yang ia tidak sukai.
Ingat, gibah mereka tidak akan menjatuhkan kita dalam pandangan Allah SWT dan belum tentu juga menjatuhkan kita dalam pandangan sesama manusia.

Gibah mereka tidak akan membahayakan diri kita, bahkan itu tambahan pahala bagi kita.

Gibah mereka sama sekali tidak perlu dibalas, karena mereka sebenarnya tidak memerlukan penjelasan kita, tapi mereka hanya ingin melampiaskan kekesalan mereka secara salah.
Gibah mereka itu dosa mereka, maka tidak terpuji jika dibalas dengan menambah dosa kita.

Gibah mereka adalah peluang pendakian kemuliaan bagimu, maka berbahagialah dengan peluang tazkiyatun-nafs ini!!

SEMANGAAAT…!!!
JUMAT MUBARAK…!!!

Ya Rahman, selamatkan kami dari dosa gibah.

Renungan Jumat pagi
27 Jumadits Tsani 1441 H

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here