Tips Ini Melancarkan Ibadah di Tanah Suci

50
Melancarkan Ibadah haji dan umroh di Tanah Suci

Suaramuslim.net – Ibadah haji dan umroh yang begitu sakral, sebaiknya tidak terganggu dengan ketidaksiapan jamaah. Beberapa hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi jamaah umrah, misalnya dalam mengepak barang, keamanan barang, hingga manajemen stres. Berikut ini penjelasannya.

Setiap tahun tak sedikit dari jamaah haji dan umrah  yang terganggu ibadahnya di tanah suci. Mulai dari kehilangan barang, sakit, stres, hingga kesalahan dalam melakukan urutan ibadah. Hal semacam ini bisa dihindari, berikut ini ulasan mengenai tips agar perjalanan umroh anda lancar dan tidak ada kendala.

Ibadah haji dan umrah adalah sebuah perjalanan spiritual yang panjang. Karena panjangnya waktu yang akan ditempuh maka akan semakin banyak pula keperluan yang harus di bawa ke tanah suci. Itulah mengapa Anda harus mempersiapkan segalanya dengan sangat matang. Hindari hal-hal kecil yang akan merusak kualitas ibadah Anda di Tanah Suci.

Tips Mengepak Barang

Membeli barang terlalu banyak akan membuat koper jadi berat. Jika sampai melebihi batas, Anda akan diminta mengeluarkannya. Atau Anda harus rela menambah biaya kelebihan beban muatan. Agar hal semacam ini tak terjadi dalam perjalanan ibadah, lebih baik menimbang barang bawaan terlebih dulu agar bisa menaksir seberapa berat barang yang Anda bawa.

Bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan selama perjalanan ke tanah suci. Jangan sampai barang-barang penting yang justru dibutuhkan tertinggal. Pakaian Ihram misalnya, jika tertinggal pasti akan jadi masalah.

Selain itu, Anda akan banyak sekali melakukan perjalanan dengan kaki. Tubuh berkeringat dan pakaian ihram kotor adalah hal yang kadang tidak menyenangkan. Jadi daripada membawa hal tak berguna, lebih baik membawa pakaian ihram tambahan.

Untuk memudahkan melakukan pengecekan barang yang akan dibawa, Anda bisa membuat check list barang sebelum memasukkannya ke dalam koper.

Perhatikan Kemanan saat Umrah dan Haji

Ketika ingin berpergian, usahakan untuk tidak berpergian sendirian. Lebih aman jika Anda berpergian bersama rombongan. Bawalah uang secukupnya dan selalu bawa identitas kemanapun anda bepergian, misalnya, copy paspor, kartu maktab hotel.

Meski namanya tanah suci, Anda tetap harus waspada dengan barang bawaan ketika bepergian. Karena, copet dan pencuri juga ada di sana. Apalagi dalam keadaan ramai, kewaspadaan sebaiknya ditingkatkan. Lebih baik menyewa semacam loker untuk meletakkan barang bawaan.

Atur Waktu dengan Efektif

Saat berhaji atau umrah, waktu kadang bisa jadi tidak relevan, bahkan membawa jam pun seperti tidak berguna. Yang bisa dilakukan adalah selalu mengikuti petunjuk dan bergerak bersama-sama dengan rombongan. Dengan begitu Anda tidak akan melewatkan segala kegiatan selama umroh.

Terakhir, untuk mengantisipasi stress saat umroh, Anda bisa mencoba untuk mengubah cara pandang tentang ibadah haji dan umroh. Jangan jadikan kekacauan dan keramaian sebagai hal yang memusingkan. Nikmati saja hal itu hingga Anda tidak akan terlalu pusing melihat banyak kerumunan orang. Inilah beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan selama melakukan haji dan umrah.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here