Ini Dia, Kuliner Bali yang Menarik Hati

kuliner bali yang halal

Suaramuslim.net – Meski jumlah muslim di Bali minoritas, tidak berarti mencari kuliner halal itu susah di pulau wisata ini. Banyak pilihan tempat makan dan menu aman untuk muslim di Bali. Tidak hanya halal, namun juga menarik hati. Apa saja pilihannya? Berikut ini beberapa di antaranya.

Meski merupakan kepualauan yang minoritas jumlah muslimnya, tak berarti membuat makanan halal sulit ditemui. Bahkan, Bali memiliki kuliner khas yang hanya ada setahun sekali. Kuliner tersebut adalah sate susu.

-Advertisement-

Berbeda dengan sate biasanya seperti, sate ayam, sate kambing ataupun sate daging sapi. Sate susu, terbuat dari puting susu sapi yang kemudian di iris dadu dan dibumbui. Setelah dibumbui kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate pada umumnya.  Sate eksklusif ini hanya dijajakan ketika ramadhan saja dan menjadi makanan yang amat disukai masyarakat muslim di Bali.

Jika ingin mencoba nikmatnya sate susu, Anda harus berkunjung ke Bali saat bulan Ramadhan. Karena Istimewanya sate ini, hanya ada dan bisa dinikmati di bulan suci Ramadhan sebagai pilihan menu berbuka puasa.

Namun, jika berkunjung ke Bali tidak pada bulan Ramadhan, refrensi kuliner di bawah ini, akan memudahkan Anda menemukan menu makanan halal di Bali.

Nasi Bakar Betutu Bali

Makanan khas Bali yang sangat terkenal adalah ayam betutu. Olahan ayam yang dimasak dengan bumbu pedas penggoyang lidah ini banyak dijual di berbagai kota di Indonesia.

Nasi bakar betutu ini memiliki isi utama yaitu ayam betutu dan di kombinasi dengan daun kemangi, kacang dan ikan teri. Rasanya enak tetapi pedasnya memang luar biasa. Ayam betutunya juga enak aroma bumbu betutunya wangi. Bagi pecinta makanan pedas, cobain deh menu ini dijamin keringatan.

jika ingin mencicipi nasi bakar betutu Bali, Anda bisa berkunjung ke Restoran Taliwang Bali. Di tempat ini menyajikan menu-menu khas Bali dan Taliwang Lombok. Dan menu yang paling menggiurkan adalah menu nasi ayam bakar taliwang dan nasi bakar betutu.

Sup Ikan Mak Beng

Sup Ikan Mak Beng adalah rekomendasi pilihan tempat makan halal untuk traveler yang berkunjung ke Pantai Sanur. Tidak usah jauh-jauh mencari tempat makan halal sebab jika melewati perempatan jalan bypass Ngurah Rai Sanur, Hotel Sanur Paradise maka akan menjumpai warung makan yang menyajikan menu utama sup ikan.

Sup Ikan Mak Beng sudah terkenal di kalangan traveler. Apalagi rumah makan ini sudah berdiri sejak 1941 dan masih eksis hingga saat ini. Umur yang cukup tua membuktikan bahwa kualitas makanan di rumah makan ini memang yahud. Ditambah satu paket menu ikan hanya dibanderol dengan harga Rp. 30 ribu saja.

Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking adalah rumah makan halal yang terletak di Nakula 88, Sunset Road, Kuta, Jl. Raya Goa Gajah, Banjar Teges Kanginan, Desa Peliatan, Ubud. Rumah makan ini begitu menonjol pada arsitektur bangunannya yang berbentuk gazebo dari bambu dengan konsep terapung di atas danau buatan.

Lokasi rumah makan Bale Udang Mang Engking berada di pusat keramaian Kuta dan hanya berjarak 5 menit dari Pantai Kuta. Tak heran jika hampir setiap hari rumah makan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang kelaparan. Menu istimewa dari rumah makan ini adalah olahan udang menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Selain udang di sini traveler juga bisa memesan menu daging sapi, ayam dan bebek.

Nah, semoga ulasan mengenai kuliner halal di atas membantu Anda dalam menentukan  makanan saat melakukan perjalanan ke Bali.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.