Indonesia Halal Expo LPPOM MUI Turut Memajukan UMKM

Indonesia Halal Expo LPPOM MUI Turut Memajukan UMKM

Indonesia Halal Expo LPPOM MUI Turut Memajukan UMKM
(Foto: Halalmui.org)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali menggelar acara pameran halal. Pagelaran halal terbesar di Indonesia yang ke-8 ini diselenggarakan pada 1-3 November 2018 di Jakarta dengan tajuk “Indonesia Halal Expo” (INDHEX).

Pameran Halal terbesar di Indonesia 2018 ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga.

Saat peresmian, Menteri Puspayoga menyebut, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Pada saat krisis tahun 1998 lalu, terjadi keterpurukan ekonomi nasional. Namun UMKM justru dapat bertahan, bahkan menyelamatkan ekonomi nasional.

“Kami sebagai pemerintah yang mengemban amanah untuk mengembangkan koperasi dan UMKM mengharapkan usaha ekonomi yang telah maju, dapat bersinergi untuk mendukung dan memajukan UMKM. Sehingga UMKM pun dapat lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Menteri Puspayoga mengatakan pihaknya melihat upaya nyata yang telah dilakukan oleh LPPOM MUI, dengan menyelenggarakan pameran Halal Indhex, sebagai langkah untuk turut berperan dalam memajukan UMKM, agar dapat lebih berkembang.

Sementara itu, Direktur LPPOM MUI Dr. Lukmanul Hakim pada sambutan pembukaan mengatakan, pameran halal ini diselenggarakan sebagai upaya implementasi misi khidmatul ummah, melayani umat muslim, khususnya dengan menyediakan produk-produk yang terjamin kehalalannya dengan proses sertifikasi oleh MUI. Juga misi ri’ayatul ummah, melindungi serta mengedukasi masyarakat dari mengkonsumsi atau terpapar dengan produk yang tidak jelas kehalalannya.

“Selain itu, yang tak kalah pentingnya, pameran Halal Indhex ini juga dimaksudkan sebagai edukasi kepada publik bahwa LPPOM MUI turut berperan nyata dalam memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat berkembang lebih lanjut,” tutur Lukman pada pembukaan Indhex yang disertai juga dengan penganugerahan “Halal Award” kepada beberapa perusahaan terpilih, termasuk beberapa usaha UMKM.

Hadir dalam acara pembukaan INDHEX, Ketua Umum MUI KH. Ma’ruf Amin, ia memberikan apresiasi tinggi kepada LPPOM MUI yang telah menunjukkan kiprah yang amat dibutuhkan umat dengan proses sertifikasi halal.

Hal itu, tambahnya, memang merupakan implementasi dari misi khidmatul-ummah dan ri’ayatul-ummah MUI.

Kiai Ma’ruf menambahkan, ketentuan halal sepatutnya juga menjadi faktor yang mendukung penguatan UMKM, khususnya di pasar domestik. Maka MUI juga sangat mendukung pameran Halal Indhex ini yang diharapkan turut berperan dalam memajukan UMKM.

“Hal ini juga telah dicanangkan oleh MUI dengan rancangan Arah Baru Ekonomi Indonesia. Yakni bahwa ketentuan halal itu sepatutnya juga dapat menghidupkan bahkan memajukan ekonomi umat. Sehingga kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat secara bertahap dapat dikurangi,” ujarnya.

Sumber: LPPOM MUI
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!