Seorang anak kecil sedang shalat. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Bagi orang Muslim, shalat tahajud adalah ibadah sunah. Selain bisa menenangkan jiwa, doa-doamu pun akan lebih mudah dikabulkan dengan rajin melakukan ibadah ini. Sayangnya, banyak orang menganggap shalat tahajud berat untuk dilakukan. Maklum, saat sepertiga malam datang kita lebih memilih untuk terlelap hingga  siang. Saat membuka mata, ternyata matahari sudah terang benderang, waktu sholat pun sudah lewat.

Melaksanakan shalat tahajud tidak mudah karena harus menahan perasaan malas dan ngantuk untuk bangun. Keutamaan Shalat Tahajud tercantum dalam Alquran Surah Al-Israa’ ayat 79,

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.”

Ayat di atas merupakan salah satu bukti betapa pentingnya shalat tahajud itu. Bahkan pada mulanya shalat tahajud dikategorikan sebagai shalat wajib, namun setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin. Ada banyak manfaat tahajjjud, salah satunya adalah menghapus dosa yang telah lalu.

Lalu adakah cara tertentu agar kita tidak kesulitan bangun dan melaksanakan shalat tahajud? Berikut ini akan dibahas 8 tips agar bisa bangun shalat tahajud.

1. Niat

Tips shalat tahajud yang paling utama adalah niat. Niatkan di dalam hati akan melaksanakan shalat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat.

2. Tidur lebih awal

Untuk bangun dari tidur, maka kamu harusnya memiliki waktu yang cukup untuk tidur sehingga tidak akan kesulitan melawan rasa kantuk ketika waktu untuk shalat malam yang anda niatkan telah tiba. Oleh sebab itu, tidurlah lebih awal dan jangan sekali-kali begadang agar bisa tidur dengan waktu yang cukup.

3. Tidur di tempat yang nyaman

Usahakan untuk mencari tempat yang nyaman sebagai tempat tidur kamu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga kamu bisa merasa lebih segar saat terjaga untuk shalat malam.

4. Hindari makan malam

Mulailah membiasakan untuk makan tidak melebihi jam 6 sore. Karena makan kenyang akan membuat perut terasa penuh dan malas bergerak. Pilihlah menu-menu yang sesuai agar pencernaan juga bisa menjadi lebih relaks saat tidur sehingga menjadi lebih mudah bangun dini hari.

5. Minum segelas air putih sebelum tidur

Tak jarang shalat tahajud hanya sekedar niat dalam ucapan yang tak pernah dilakukan. Nah, jika kamu ingin bangun dan mewujudkannya di sepertiga malam, kamu bisa coba minum segelas air putih sebelum beranjak tidur. Air putih akan membantu tubuhmu menjadi lebih segar dengan asupan oksigen yang ada dalam air mineral. Selain itu, asupan cairan juga akan membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas. Tak jarang kamu juga menjadi lebih merasa bugar saat tersadar dari lelap tidur di tengah malam.

6. Pasang alarm

Tips bangun shalat tahajud salah satunya bisa memanfaatkan alarm. Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang diinginkan.

7. Berwudhu sebelum tidur

Biasanya untuk bersuci atau berwudhu sebelum tidur. Ini juga bisa menjadi salah satu tips agar istiqomah shalat tahajud. Dengan berwudhu, memungkinkan untuk tidak digoda oleh setan yang membuat malas bangun untuk mendirikan shalat tahajud.

8. Tidur posisi miring ke kanan

Posisi juga bisa mempengaruhi kualitas tidur. Posisi tidur miring ke kanan ini diyakini bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan posisi ini juga sesuai dengan contoh dari Nabi. Posisi ini dapat membantu jantung memompa darah dengan maksimal sekaligus mengistirahatkan otak kiri yang biasa digunakan sehari-hari untuk bergerak.

9. Memahami pentingnya shalat tahajud

Untuk memantapkan niat, kamu seharusnya memahami betul keutamaan yang dimiliki oleh shalat malam sehingga hal tersebut akan membuat kamu semakin termotivasi untuk melaksanakannya.

10. Membiasakan diri

Cara agar bangun shalat malam yang bisa kamu terapkan adalah dengan membiasakan diri untuk melaksanakannya. Jangan cuma sekali saja namun usahakan untuk melakukan hal tersebut secara rutin selama 1 minggu. Dengan begitu kamu akan terbiasa untuk bangun tengah malam dan melaksanakan shalat malam.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.