Jus Stroberi, Minuman Kaya Manfaat
Segelas jus stroberi

Suaramuslim.net – Saat siang hari, panas matahari terasa sangat menyengat seakan tepat di atas kepala kita. Udara pun semakin panas dan tubuh mulai kelelahan dan berkeringat, pertanda tubuh telah kehilangan banyak cairan. Tenggorokan yang kering rasanya ingin meneguk segelas minuman segar. Jika kondisi tersebut terjadi, maka yang hanya terlintas dipikiran kita adalah meminum es, terlebih lagi es jus yang sangat segar dan pastinya halal dan ramah di kantong.

Minuman jus sangat mudah ditemukan. Di perempatan atau di sepanjang jalan perkotaan maupun di desa sangat lazim ditemui. Dari segi harga minuman yang berasal dari buah segar ini pun terbilang cukup ramah dan tidak mengguras kantong, yakni sekitar 10 sampai 15 ribu rupiah tergantung porsi yang diinginkan.

Memang minuman jus banyak sekali ragam jenisnya, ada jus jambu biji, mangga, apel, anggur, alpukat sampai durian. Namun, di antara semua pilihan tersebut, jus stroberi memiliki kesegaran yang khas, karena ketika memakan buahnya langsung saja sudah dapat merasakan kesegaran dengan rasa manis sedikit masam. Apalagi dibuat minuman jus dengan es batu, tentunya menambah kesegaran buah stroberi.

Namun, apakah Kamu tahu apa saja manfaat dari buah stroberi? Dalam laporan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan memaparkan bahwa selain dapat menghilangkan dahaga, stroberi juga kaya akan manfaat dan gizi.

Secara umum stroberi mengandung anti oksidan tinggi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Stroberi dengan kandungan antioksidan seperti anthocyanin yang dapat membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam darah. Kondisi inilah yang mampu memberikan efek anti-inflamasi sehingga dapat menyehatkan jantung.

Seperti diketahui, kolesterol jahat dapat membentuk plak pada pembuluh darah arteri yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang nantinya meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu stroberi juga mengandung asam ellagic yang berfungsi menekan pertumbuhan sel kanker.

Buah yang bernama latin Fragaria x ananassa ini juga mengandung vitamin C yang dipercaya mampu memperkuat kekebalan tubuh manusia, dengan begitu tubuh tak akan mudah terserang infeksi.

Selain kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata stroberi juga efektif digunakan untuk menjaga berat badan loh. Stroberi yang rendah kalori dan kaya serat mampu menjaga perut tetap kenyang, dengan memakan buah stroberi ini, Kamu bisa menahan rasa ingin makan berlebih yang bisa menaikkan berat badan.

Manfaat lain bagi kecantikan. stroberi diyakini dapat mengatasi rambut rontok dan awet muda. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengonsumsi buah stroberi secara teratur, maka insyaallah kandungan kolagen menghasilkan elastisitas kulit, mengurangi keriput pada wajah serta menyuburkan kulit kepala.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan kandungan pada buah stroberi, tidak salah menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan sehari-hari dengan cara dimakan langsung maupun dibuat jus. Nah, membuat stroberi menjadi jus akan lebih menggoda bukan? Apalagi diminum saat cuaca panas dan musim kemarau.

Cukup mudah membuatnya dan semua orang pasti bisa membuat jus stroberi ini. Berikut langkah-langkah membuatnya:

Bahan

  • 5-7 buah stroberi
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 gelas air
  • 5 buah es batu kristal
  • 1 sachet susu kental manis putih

Cara membuat

  • Potong stroberi menjadi dua bagian.
  • Masukkan stroberi yang sudah dipotong, lalu masukkan juga air dan gula pasir ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan susu kental manis.
  • Blender sampai halus, tunggu kira-kira 2-3 menit.
  • Tuangkan kedalam gelas/cup.
  • Tambahkan es batu kristal dan segelas jus stroberi yang nikmat dan segar dapat dinikmati.

Mudah sekali bukan cara membuat jus stroberi yang enak dan segar dirumah? Insyaallah setelah mencoba jus stroberi tubuh kita tetap terjaga kesehatannya dan diberikannya manfaat oleh Allah. Aamiin Ya Rabbal ’alamin.

Kontributor: Fadhli Rahman

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.