Khasiat Luar Biasa Daun Bidara
Daun bidara. (Foto: Dream.co.id)

Suaramuslim.net – Ada yang tahu nama pohon yang memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan jasmani maupun rohani ini? Pohon tersebut bernama bidara. Pohon bidara merupakan jenis pohon perdu yang bisa tumbuh di area yang sedikit air bahkan daerah-daerah gurun. Bidara atau widara merupakan pohon jenis penghasil buah bidara yang bisa dimakan langsung atau diolah dengan cara dikeringkan untuk dijadikan manisan.

Pohon bidara mudah ditemukan karena biasanya tumbuh secara liar di kebun-kebun. Biasanya orang tidak begitu memperhatikan tanaman yang satu ini dan hanya menganggapnya sebagai salah satu semak belukar saja, oleh karena itu juga banyak orang yang asal menebang tanaman bidara.

Pohon bidara umumnya dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter dan memiliki daun yang cukup lebat dan rindang. Keunggulan dari tanaman bidara ini adalah sudah menghasilkan banyak daun walaupun usianya masih sangat muda. Bahkan daun bidara jika dipetik selang beberapa jam kemudian sudah bisa tumbuh lagi. Saat ini banyak orang kembali memperhatikan keberadaan tanaman bidara untuk dijadikan tanaman di taman atau kebun rumah karena ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kehidupan manusia.

Terdapat beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat yaitu Bidara Upas, Bidara Laut, Bidara Cina, Putsa/Apel India dan Bidara Arab/Sidr. Namun, kebanyakan orang bertanya, manakah yang memiliki khasiat sekaligus daunnya dapat digunakan untuk melaksanakan sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam?

Guna mengetahui daun bidara atau sidr yang dimaksud, mari lebih dahulu kita baca taksonomi masing-masing tanaman di bawah ini:

Baca Juga :  KKN di Desa Penari: Praktik Pesugihan dan Tumbal

Berdasarkan data di atas maka jelas terlihat mana yang termasuk spesies daun bidara, yaitu Bidara Laut (Ziziphus mauritiana),  Bidara Cina (Ziziphus zizyphus) dan  Bidara Arab (Ziziphus spina-christi). Bidara yang digunakan untuk menangkal gangguan sihir/jin dalam prosesi rukyah dan keperluan lain sebagaimana sunnah nabi adalah Bidara Arab (Ziziphus spina-christi), karena Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menggunakan bidara ini di daerah Makkah dan Madinah.

Tahukah Anda bahwa daun bidara juga kerap disebut di dalam Al Quran? Secara khusus Allah subhanallahu wa ta’ala menyebutkan tanaman ini dalam beberapa surat yaitu Surat Saba’: 16, Surat Al – Waqi’ah: 28, dan Surat An-Najm: 13-16. Hal tersebut adalah bukti bahwa tanaman ini sangatlah istimewa bagi Sang Pencipta alam semesta karena memiliki kekhasan yang tidak dimiliki tanaman lain di muka bumi ini dan bermanfaat bagi kehidupan di dunia dan akherat. Selain karena manfaatnya, untuk menanam tanaman bidara ini pun sangat mudah. Lalu, apa saja manfaat daun bidara?

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Ruhani

  1. Untuk pengobatan dalam ruqyah

Manfaat daun bidara untuk ruqyah adalah salah satu yang paling populer. Pada praktiknya, daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Salah satu tabi’in yang ahli di dalam ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tadi dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

  1. Untuk memandikan jenazah
Baca Juga :  Doa dan Zikir Pencegah Sihir dan Gangguan Jin

Sebagai umat Islam, semua kegiatan dan gerak-gerik kita sehari-hari sudah diatur secara lengkap oleh Allah dan Nabi Muhammad. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan untuk urusan jenazah pun sudah dijelaskan tata caranya.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa ketika kalian memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Di dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang telah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian.” (HR Bukhari dan Muslim).

  1. Untuk meruqyah rumah

Manfaat lain dari daun bidara bisa digunakan untuk meruqyah rumah. Tidak jarang kita mendengar terjadi penampakan di suatu rumah, rumah angker, dll. Sebagaimana kita hidup berdampingan dengan makhluk lain, di rumah yang kita tempati pun tidak menutup kemungkinan ada jin dan makhluk ghaib sejenisnya.

Baca Juga :  Mengapa Harus Ruqyah Syar’iyah?

Meruqyah rumah dapat dilakukan degan cara membacakan surat Al Baqarah secara utuh satu surat. Anda bisa mengkombinasikan dengan campuran air dengan bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah, ataupun dengan bacaan surat Al Baqarah. Air bidara tadi kemudian dipercikkan atau disemprotkan ke pojok-pojok rumah dan di tempat-tempat yang dirasa banyak terjadi gangguan.

Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim 780, At-Tirmidzi 2877)

  1. Menghilangkan depresi

Pada era modern seperti sekarang ini bukanlah hal yang mengagetkan jika ada seseorang yang mengalami depresi. Depresi seolah-olah menjadi sebuah hal yang lumrah karena banyaknya tuntutan dalam kehidupan modern ini. Namun, itu bukan berarti Anda bisa membiarkan depresi begitu saja karena depresi dapat memicu penyakit lainnya baik fisik maupun psikis. Depresi harus ditangani dengan benar supaya tidak berlanjut pada tahap depresi berat.

Anda dapat mencoba ramuan daun bidara untuk mengatasi depresi. Di dalam daun tersebut terkandung zat yang mampu membuat saraf anda rileks dan juga membuat lancar aliran darah. Sehingga tubuh dan pikiran menjadi kembali tenang dan mulai berangsur membaik.

*Lanjutan artikel Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Jasmani

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.