Makanan Ini, Berkualitas untuk Ibu Hamil

80
Makanan Ini, Berkualitas untuk Ibu Hamil

Suaramuslim.net – Wanita hamil tentu akan membutuhkan asupan makanan yang baik. Bagaimana makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil? berikut ini ulasannya.

Menyandang status sebagai ibu hamil tentu membuat seorang wanita merasa sangat sempurna. Tak hanya membuat dirinya sempurna, kehamilannya juga akan membuat orang di sekitarnya menjadi teramat memperhatikan dirinya. Mulai dari hal-hal yang dia inginkan hingga pola makan.

Berbicara tentang makanan sehat saat hamil, maka yang terbesit di benak para wanita adalah bahwa dirinya harus mengonsumsi lebih banyak makanan, alias dengan porsi dua kali lipat dibandingkan biasanya, karena ia juga perlu memberikan asupan makanan terhadap si jabang bayi. DR. Rita Vivera Pane dr., SpKFR, membantah pandangan tersebut.

“Anggapan itu yang salah,” tegasnya. Ia menjelaskan bahwa, kualitas makanan akan memberi manfaat yang banyak dibandingkan kuantitas makanan. “Karena sebenarnya kebutuhan bayi itu bukan terletak pada kuantitas makanan, lebih kepada kualitas makanan yang di konsumsi oleh ibunya.” Terangnya lagi saat ditemui di Rumah Sakit Haji Surabaya pada 12/09 lalu.

Menurutnya, makan banyak namun dengan menu asal-asalan itu tidak baik. Lebih tepat jika makan dalam porsi yang cukup namun mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam daya kembang bayi.

Hal ini,  pada akhirnya membuat makanan yang baik untuk ibu hamil muda selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa kelompok makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi, beserta dengan manfaatnya,

Air. Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari.

Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun perlu diingat bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

Sayur dan buah. Kedua makanan ini adalah komponen utama pola makan sehat bagi ibu yang sedang hamil. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung banyak vitamin A, K, C dan asam folat yang penting untuk kesehatan mata.

Daging tanpa lemak, ikan, dan telur. Kelompok makanan ini kaya dengan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga dalam kandungan.

Telur juga kaya akan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sementara, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin.

Meski demikian, untuk menghindari paparan merkuri, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam sepekan. Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung bakteri atau parasit.

Kacang-kacangan. Jenis makanan ini berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir). Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

Makanan sumber karbohidrat. Gandum utuh kaya akan nutrisi, serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. Bahan ini bisa Anda dapatkan antara lain dalam oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah.

Susu dan produk turunannya. Produk olahan susu seperti yogurt, kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

Suplemen. Meski sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin saja Anda masih melewatkan nutrisi tertentu. Suplemen vitamin barangkali dibutuhkan untuk mencukupinya. Salah satu suplemen yang biasa diberikan ada TTD (tablet tambah darah) yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Namun, Anda perlu mengkonsultasikannya terlebih dulu kepada dokter.

Demikian ulasan mengenai makanan sehat yang dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Penting untuk mendapatkan berbagai asupan nutrisi yang berbeda agar semua kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin tetap tercukupi.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here