Telur bebek. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Telur bebek atau telur asin saat ini sedang menjadi makanan yang digemari terutama dalam bentuk saus telur asin sehingga banyak menu makanan yang menggunakan bahan tersebut.

Kandungan gizi telur bebek lebih banyak daripada jenis telur lainnya, sehingga lebih banyak digunakan sebagai bahan makanan dan pengobatan.

Kuning telur bebek berukuran lebih besar dari kuning telur ayam dan warnanya juga lebih oranye, mengandung karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan.

Zat pewarna kuning dalam telur ini dapat melawan pembentukan radikal bebas pada tubuh. Kuning telur bebek juga mengandung vitamin A, B6, B12, D, E, riboflavin, vitamin D dan natrium. Protein pada telur bebek juga sedikit lebih banyak daripada telur ayam, dan mineral berupa zat besi, mangan dan kalium yang lebih sedikit dari telur ayam.

Lemak jenuh pada telur bebek dan telur ayam kandungannya hampir sama, sedangkan lemak tak jenuh pada telur bebek lebih banyak, serta 50% kalori lebih banyak daripada telur ayam.

Manfaat kuning telur bebek bisa diperoleh dari macam-macam nutrisi yang dikandungnya. Kuning telur bebek mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat dan lesitin; lipoprotein, asam amino esensial dan non esensial; kolin; dan berbagai macam mineral, seperti kalsium dan kalium.

Selain itu, kuning telur bebek juga kaya akan antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan karoten.

Manfaat kuning telur bebek bagi tubuh

1. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Kolin yang terkandung dalam kuning telur bebek sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Nutrisi ini dapat melindungi kamu dari gangguan memori atau gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit alzheimer, di masa tua nanti.

Selain itu, kuning telur bebek juga baik jika dikonsumsi ibu hamil, karena kolin yang terkandung pada kuning telur bebek sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin yang sehat.

2. Baik untuk kesehatan mata

Kuning telur mengandung karotenoid dan zeaxanthin yang membantu meningkatkan kesehatan mata.

Karotenoid berperan sebagai antioksidan pada mata untuk melindungi dari radikal bebas yang merusak retina, menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi ketika usia lanjut.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat kuning telur bebek bisa berdampak positif pada kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Kandungan kolin pada kuning telur bisa mengatur fungsi kardiovaskular. Wanita yang mengonsumsi makanan tinggi kandungan kolin akan berisiko lebih sedikit terkena kanker payudara.

4. Baik untuk kesuburan

Kuning telur bebek pun diyakini baik dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi dalam telur bebek.

Seperti disebutkan sebelumnya, kuning telur bebek mengandung vitamin B12, selenium, dan kolin. Kolin adalah nutrisi penting yang membantu sel-sel bisa terhubung dengan baik. Ini sangat berguna dalam membantu tubuh menciptakan neurotransmitter dan memfasilitasi komunikasi saraf di seluruh tubuh.

Vitamin B12 juga diperlukan untuk sintesis DNA dan bermanfaat bagi kesehatan sel darah merah. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan masalah dengan keseimbangan dan memori, serta kelelahan.

Jumlah kandungan vitamin B12 di telur bebek pun diyakini lebih tinggi dibandingkan jumlah yang terkandung di dalam telur ayam.

Kandungan selenium juga diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA. Selenium membantu mengatur hormon metabolisme dan berperan dalam kesuburan.

Ya, selenium menjadi nutrisi penting yang baik dikonsumsi demi kesehatan kesuburan. Kandungan selenium bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selenium juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan kromosom, yang pada ujungnya dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Sementara itu, zat besi dalam kuning telur bebek membantu tubuh memproduksi cukup hormon, sehingga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron pun terjaga. Efek positifnya, siklus haid jadi lebih lancar.

5. Mendukung produksi sel darah merah

Kandungan vitamin B12 pada kuning telur bebek tergolong cukup tinggi, bahkan 1 kuning telur hampir bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin ini. Vitamin B12 yang terkandung pada kuning telur bebek memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat.

Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam proses produksi energi tubuh. Mencukupi kebutuhan vitamin B12 dalam sehari diduga dapat memberikan tambahan energi untuk beraktivitas.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.