Pemerintah Perlu Bangun Taman Budaya untuk Generasi Muda

74
Pementasan Ludruk marsudi Laras Komunitas Ludruk Remaja Surabaya (Foto: Ludruk Marsudi Laras)

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Kesadaran akan menjaga dan melestarikan kesenian tradisional di Jawa Timur saat ini semakin meningkat di kalangan generasi muda dan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Cak Meimura Seniman Ludruk dan Anggota Dewan Kesenian Jawa Timur dalam dialog Ranah Publik Suara Muslim Surabaya edisi Rabu (11/10).

“dengan banyaknya komunitas ludruk yang ada di kampung dan juga semakin aktifnya generasi muda tertarik mementaskan kesenian tradisional, perlu difasilitasi dengan pembuatan Taman Budaya” kata Cak Meimura.

Cak Meimura melihat anak muda saat ini lebih paham untuk menghidupkan tokoh-tokoh legenda dan sejarah lewat kesenian dan ini saatnya pemerintah mendukung generasi muda.

“Semangat generasi muda dan banyaknya komunitas kesenian yang berkembang
harus difollow up mereka agar bisa meneruskan nilai-nilai leluhur dan menjadi bagian dari sejarah bangsa ini, Pemerintah perlu mendukung dan memfasilitasi dengan membangun Taman Budaya agar kesenian terus berkembang dan terjaga” ujar Cak Meimura.

Sementara itu Kepala UPT Pemberdayaan Lembaga Seni Wilwatikta Dinas Pariwisata Jawa Timur Arif Rofiq mengatakan perlu ada kerjasama dengan berbagai komponen agar kesenian tradisional tetap terjaga.

“Untuk melestarikan kesenian tradisional perlu adanya kerjasama dari berbagai komponen agar kesenian tetap lestari, seperti halnya di luar negeri seluruh komponen mempromosikan suatu pertunjukan di tempat umum agar masyarakat tertarik untuk menonton” kata Arif.

Reporter: Nurul Adhania
Editor: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

SHARE

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.