Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri

68
Tips Memilih Makanan Halal di Luar Negeri

Suaramuslim.net – Siapa sih, yang tidak suka travelling? Apalagi bepergian ke luar negeri pasti menyenangkan. Permasalahan yang sering muncul saat di luar negeri adalah mencari makanan halal. Berikut tips agar travelling tetap nyaman dengan konsumsi makanan halal.

Tidak semua makanan yang disajikan adalah makanan halal yang bisa dikonsumsi bagi umat muslim. Tapi jangan kuatir, apalagi sampai mengurungkan niat untuk pergi keluar negeri. Travelling.bisnis.com melansir beberapa tips mendapatkan makanan halal saat akan bepergian ke luar negeri.

Membawa Cukup Bekal Berlabel Halal

Alangkah baiknya kita membawa makan siap saji atau makanan kemasan yang berlabel halal, dan pastikan label itu dari MUI. Gunanya, untuk persiapan saat kita tidak menemukan makanan atau restoran yang menjual makanan halal ketika berada di luar negeri.

Adapun di Amerika Serikat, beberapa jaringan supermarket seperti Trader’s Joe dan Whole Foods menyediakan deretan makanan halal di beberapa cabang besarnya. Pilihan lainnya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang kering atau berbagai produk vegetarian yang tidak mengandung sodium dan MSG.

Nah, kalau masih ragu-ragu alangkah baiknya kita memilih sayur-sayuran atau buah-buahan jika pergi ke supermarket. Minimal bisa mengenyangkan beberapa jam perut kita yang sedang dilanda rasa lapar. Tentu saja kita juga akan terselamatkan dengan produk-produk non-halal.

Membawa Perabot Piknik

Hilangkan rasa malu kita, jika ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan halal. Bawalah perabot masakan yang sesuai dengan ukuran bagasi kita. Carilah ukuran yang kecil, praktis serta ringan sehingga memudahkan kita untuk memasak sendiri sesuai dengan keinginan kita.

Berkunjung ke Pasar Segar

Jika kita bepergian ke luar negeri dalam jangka waktu yang agak lama, disarankan untuk pergi ke pasar tradisional atau yang di luar negeri populer dengan julukan farmer’s market banyak ditemui di berbagai kota, baik besar maupun kecil. Pilihlah sayur atau buah- buahan organik sebagai alternatif untuk bisa mengonsumsi makanan halal.

Membawa Direktori Makanan Halal

Setiap kita akan bepergian keluar negeri, tentu tidak lepas dari wisata kuliner dan ingin sekali mencicipi makanan khas dari sana. Tentu ini akan membuat kita dilematis dikarenakan ketidaktahuan kita akan jaminan kehalalannya. Kunjungilah situs online onmyhalalkitchen.com  untuk mengetahui direktori makanan halal di berbagai destinasi wisata dunia dan dijamin situs ini tidak merekomendasikan tempat makan yang menggunakan babi dan alkohol.

Berbelanja Makanan Segar di Toko Lokal

Sebelum bepergian keluar negeri, siapkan beberapa makanan seperti sayuran, madu, roti, buah dan susu sapi segar yang bisa kita beli di toko lokal.

Memilih Restoran Seafood

Alternatif terakhir adalah dengan memilih restoran seafood dikarenakan semua bahan memakai ikan laut. Di sisi lain bumbu yang digunakan dalam memasak makanan laut ini pada umumnya memakai minyak sayur dan saus tiram. Dan jika masih ragu-ragu, tanyakan kepada pramusajinya mengenai detail bahan dan cara pengelolahannya.

Kontributor: Yetty
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here