Rekomendasi Menu Sarapan Praktis di Surabaya
Nasi pecel Bu Joyo.

Suaramuslim.net – Hampir setiap hari kita mengawali pagi dengan berolahraga ringan dan sarapan, sebelum akhirnya melanjutkan rutinitas kerja atau sekolah. Sayangnya, terkadang sebagian orang melewatkan sarapan karena alasan takut terlambat, atau tidak sempat masak. Padahal sarapan dengan menu seimbang itu penting untuk kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh seharian penuh. Nah, bagi Kamu yang tidak sempat masak atau bingung harus makan apa, bisa coba nih beberapa rekomendasi menu sarapan praktis yang bisa dimakan pagi hari.

Selain harganya ramah di kantong, kualitas rasa makanannya tak perlu diragukan. Salah satunya bahkan terkenal hingga ke luar negeri. Dilansir dari berbagai sumber laman online, berikut terangkum beberapa rekomendasi menu sarapan di Surabaya.    

Nasi Soto

Nasi soto
Nasi soto

Sarapan dengan semangkuk nasi soto sambil minum teh tawar hangat memang terasa mantap. Apalagi pagi hari udara masih terasa agak dingin, atau saat musim hujan, soto jadi menu pilihan kebanyakan orang. Di Jawa Timur, kita mengenal dua varian soto. Ada soto ayam yang umumnya identik dengan soto lamongan.

Soto ayam lamongan cak Har, salah satu contoh kedai soto yang terkenal di Surabaya. Lokasinya berada di dua tempat, Jalan Arief Rahman Hakim dan di daerah MERR II Surabaya Timur. Hampir setiap pagi dan malam, area parkir soto cak Har dipadati mobil dan kendaraan roda dua. Soto cak Har bercita rasa khas, kuahnya kental dan dicampur dengan balungan.

Baca Juga :  Menengok Perkembangan Makanan Tradisional Surabaya, Semanggi

Jika Kamu bosan dengan daging ayam, bisa mencoba soto Madura Gubeng Pojok. Tempat ini rasanya tak asing lagi bagi kebanyakan warga Surabaya, terutama bagi kalangan mahasiswa, dan pecinta kuliner umumnya. Tempatnya berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa No.30 Genteng. Kuah sotonya terasa sedap dengan campuran kaldu dicampur racikan bumbu khas Madura, dan daging sapinya juga terasa empuk

Nasi pecel

Nasi pesel Bu Joyo. (Foto: IDNTimes)
Nasi pesel Bu Joyo. (Foto: IDNTimes)

Ada sebuah anekdot yang mengatakan bahwa pecel, gado-gado, atau rujak, makanan itu semua diumpamakan seperti salad versi lokal. Makanannya berupa sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, kol, mentimun, dan kemangi yang sudah direbus lalu disiram dengan bumbu kacang. Sama halnya soto dan beberapa menu lain, nasi pecel termasuk hidangan khas Nusantara yang sangat mudah dijumpai. Misalnya di warung pinggir jalan, pasar, rumah makan, dan pedagang kaki lima. Meski begitu, sebagian warung nasi pecel di Surabaya ini bisa dibilang melegenda, sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Di Surabaya ada juga lo yang jual nasi pecel sejak bertahun-tahun. Bahkan, konon salah satu warung nasi pecel di Surabaya ini terbilang legendaris. Melansir dari laman IDN Times, setidaknya ada 2 tempat makan nasi pecel legendaris yang bisa jadi rekomendasi sarapan di Surabaya.

Pertama ada pecel Madiun bu Kus. Depot yang berlokasi di Jalan Barata Jaya XX/11 ini sangat familiar bagi kebanyakan warga Surabaya. Berbeda dengan nasi pecel kebanyakan, sajian pecel Bu Kus disiram dengan kuah lodeh, sehingga cita rasanya beda.

Baca Juga :  Segar dan Sehatnya Buka Puasa dengan Salad Buah

Nasi pecel lain yang begitu legendaris di Surabaya ada nasi pecel Bu Joyo atau dikenal Mbah Banjir. Lokasinya ada di Jalan Pandegiling No.318 A, Surabaya. Warung pecel Bu Joyo ini sudah hadir sejak tahun 1950-an lo. Legendaris kan! Bahkan, diberitakan bahwa bumbu pecel bu Joyo ini jadi incaran wisatawan luar negeri. Di antaranya ada dari Australia, Belanda, Amerika, Malaysia, Singapura. Selain bumbu pecelnya yang mantap, nasi pecel Bu Joyo juga terkenal dengan empal dagingnya yang super empuk. 

Nasi kuning

Nasi kuning Avon. (Foto: Inijie.com)
Nasi kuning Avon. (Foto: Inijie.com)

Sebungkus nasi kuning bisa jadi alternatif bagi kita yang terburu-buru pergi ke kantor tanpa sempat masak. Menu sarapan pagi ini selain praktis, juga sangat mudah dijumpai. Biasanya di pinggiran jalan ada saja orang yang menjual nasi bungkus dengan beberapa menu, salah satunya ya nasi kuning. Hanya saja, jika Kamu penasaran dengan salah satu nasi kuning yang terkenal di Surabaya, bisa lo mencicip nasi kuning Avon ambon yang ada di Jalan Raya Darmo Permai 3 Surabaya.

Melansir dari laman online, warung nasi kuning Avon sering kali ramai dijadikan tempat sarapan pagi. Nasinya yang gurih berpadu dengan bermacam lauk juga taburan serundeng dan bawang goreng menjadikannya terasa nikmat. Salah satu menu favoritnya adalah Nasi Kuning Ambon Ayam dengan Ikan Bumbu Pedas.

Baca Juga :  Belajar Memaknai Lebaran dari Ketupat (Menu Khas Idul Fitri)

Lontong sayur

Lontong sayur. (Foto: okezone.com)
Lontong sayur. (Foto: okezone.com)

Bagi Kamu yang tidak ingin makan nasi di pagi hari, bisa menggantinya dengan menu lontong. Ya, salah satu menu sarapan praktis yang juga banyak peminatnya adalah lontong sayur. Menunya sendiri terdiri dari sayuran seperti nangka muda, dan labu siam yang dicampuri udang. Sementara untuk pelengkapnya ada kerupuk ayam suwir, telur bali, sambal, dan daun bawang goreng.

Bubur Ayam

Bubur ayam Bang Ali. (Foto: Openrice.com)
Bubur ayam Bang Ali. (Foto: Openrice.com)

Selain lontong sayur, menu sarapan praktis selain nasi ada bubur ayam. Khusus menu satu ini, ada beragam variasi cita rasa sesuai dengan asal daerahnya. Mulai dari bubur ayam khas Bandung, bubur ayam Jakarta, bubur ayam Madura, bubur ayam khas Cirebon dan lainnya.

Di Surabaya, ada beberapa kedai bubur ayam yang cukup terkenal. Sebagian diantaranya ada bubur ayam Jakarta Bang Udin di daerah Manyar Kertoarjo, bubur ayam Bandung Parahyangan, belakang Gedung Juang 45, dan bubur ayam Bang Ali yang selalu diburu orang sehabis berolahraga pagi di dekat Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya.

Itulah beberapa rekomendasi menu sarapan praktis nan bergizi yang bisa kita temui di Surabaya dan juga beberapa kota lain di Indonesia. Semuanya termasuk hidangan khas Nusantara yang bisa dengan mudah dijumpai dengan harga yang ramah di kantong.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.