kota madinah

Suaramuslim.net – Selain Makkah, umat Islam juga memiliki kota yang amat bersejarah yaitu Madinah. Layaknya kota yang menjadi saksi bisu bermulanya Islam yang di bawa Rasulullah, kota Madinah juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Apa saja keutamaan Madinah? berikut ulasannya.

Madinah adalah sebuah kota di Hejaz, sekaligus ibukota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi. Dalam kota ini terdapat Masjid Nabawi (“Masjid Nabi”), tempat dimakamkannya Nabi Muhammad, dan kota ini juga merupakan kota paling suci kedua dalam agama Islam setelah Makkah.

Madinah adalah tujuan Nabi Muhammad untuk melakukan Hijrah dari Makkah, dan secara berangsur-angsur berubah menjadi ibukota Kekaisaran Muslim, dengan pemimpin pertama langusung oleh Nabi Muhammad, kemudian dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin. Kota Madinah merupakan kota yang sakral bagi umat Islam. Seperti kota Makkah, non-Muslim tidak diperkenankan memasuki wilayah suci Madinah (tetapi tidak masuk ke bagian pusat kota) berdasarkan aturan Pemerintah Arab Saudi. Kota Madinah juga memiliki keutamaan yang luar biasa sama halnya dengan Kota Makkah.

Keberkahan Madinah Dua Kali Lipat Keberkahan Makkah

Hal ini telah dinyatakan Rasulullah di dalam doanya, berdasarkan hadis Bukhari dan Muslim Rasulullah pernah berdoa dan mengatakan, “Ya Allah, jadikanlah keberkahan di Madinah dua kali lipat dari keberkahan di Makkah.”

Madinah Negeri yang Baik

Rasulullah bersabda, “Telah menceritakan kepada kami [Ubaidullah bin Mu’adz Al Anbari] telah menceritakan kepada kami [bapakku] telah menceritakan kepada kami [Syu’bah] dari [Adi bin Tsabit] ia mendengar [Abdullah bin Yazid] dari [Zaid bin Tsabit] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Madinah itu adalah negeri yang baik. Dan ia akan menyingkirkan para penjahatnya sebagaimana api yang menyingkirkan kotoran perak.” [HR: Hadits Muslim no.2454]

Baca Juga :  Inilah yang Membuat Kota Madinah Menjadi Istimewa

Negeri yang Selamat dari Fitnah Dajjal

Rasulullah bersabda, “Tidak ada satu negeri pun kecuali akan didatangi (dikuasai) Dajjal kecuali Makkah dan Madinah. Tidak ada satu celah pun di negeri tersebut kecuali ada malaikat yang menjaganya. Kemudian Dajjal datang ke suatu daerah -di luar Madinah- yang tanahnya bergaram. Bergoyanglah Madinah tiga kali, Allah keluarkan dengan sebabnya semua orang kafir dan munafiq dari Madinah.” (HR. Muslim no. 2943)

Tempat Utama untuk Wafat

“Telah menceritakan kepada kami Bakr bin Khalaf telah menceritakan kepada kami Mu’adz bin Hisyam telah menceritakan kepada kami Ayahku dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu Umar dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa di antara kalian mampu meninggal dunia di Kota Madinah hendaknya ia melaksanakannya, sesungguhnya aku akan bersaksi bagi siapa saja yang meninggal di Kota Madinah.” (HR Ibnu Majah)

Kota yang Aman

Madinah, kata Rasulullah yang dinukil Imam Muslim, adalah Negeri Haram (tempat suci). Barangsiapa melakukan sebuah kejahatan atau melindungi pelaku kejahatan di Madinah, ia akan mendapat kutukan dari Allah, malaikat, dan seluruh umat manusia. Pada hari kiamat, tidak akan diterima amalannya yang wajib maupun yang sunnah.

Baca Juga :  Dakwah Rasulullah di Makkah

Demikian sejumlah keutamaan yang membuat orang berbondong-bondong datang ke Madinah. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.