Sunah Pakai Celak mata untuk Kecantikan dan Kesehatan
Ilustrasi make up mata (Foto: Freepik)

Suaramuslim.net – Celak mata merupakan salah satu produk kecantikan yang familiar, khususnya bagi kalangan hawa. Sebenarnya, produk kecantikan satu ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umatnya, baik laki-laki dan perempuan, untuk memakai celak sebelum tidur. Diriwayatkan dari Ibu Abbas:

“Bahwasanya Nabi Muhammad  shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki celak. Dia bercelak setiap malam 3 kali pada mata kanan dan dua kali pada mata sebelahnya,” (HR At Tirmidzi).

-Advertisement-

Kebiasaan memakai hiasan juga dilakukan oleh ratu kecantikan dunia, Cleopatra. Perempuan Mesir menggunakannya untuk mempercantik mata dan alis. Mereka percaya, kandungan dalam celak punya khasiat untuk kecantikan mata.

Celak mata ternyata punya beragam jenis dan bahan. Celak mata asli yang biasa dipakai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berbahan itsmid. Yaitu sejenis batu hitam (itsmid) dari Persia yang punya kualitas terbaik. Cirinya, punya butiran halus nan berkilau, dan bersih tanpa kotoran. Perempuan Timur Tengah biasa memakai celak dari batu itsmid untuk menjaga kesehatan matanya. Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Nabi bersabda:

Baca Juga :  Sunnah-Sunnah Rasul Dalam Tidur

“Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut,” (HR At Tirmidzi)

Jenis lainnya ada yang berasal dari hazelnut, almond atau minyak biji lain yang dibakar. Untuk jenis celak mata modern yang kita jumpai di pasaran saat ini bentuknya bisa berupa eyeliner, cream, dan menyerupai lipstik. Sebagian produk celak mata modern faktanya berbahaya, karena sudah dicampuri lead (tembaga).

Selain mempercantik bagian wajah, celak mata berbahan itsmid juga dipercaya punya khasiat bagi kesehatan mata.

1. Mengatasi Iritasi

Saat mata terlihat merah, gatal dan perih karena iritasi, kita bisa menggunakan celak mata sebagai pertolongan pertama. Kandungan dalam batu istmid dipercaya bisa menangkal radikal bebas yang masuk melalui debu dan kotoran, sehingga menyebabkan iritasi pada mata. Selain itu, pemakaian celak dianjurkan pada malam hari sebelum tidur sebagaimana sabda Nabi. Alasannya karena waktu malam hari dapat melindungi kelopak mata dan mengeluarkan kotoran mikro yang masuk dalam mata.

2. Mengobati Sakit Mata

Kandungan batu itsmid dalam celak diyakini mampu menghilangkan penyakit mata ringan seperti mata lelah kurang tidur, atau nyeri akibat mata terkena partikel mikro. Dia bisa menjernihkan pandangan dan selaput mata, mengobati mata rabun, serta mengencangkan saraf mata.

Baca Juga :  Beginilah Make-Up Natural dan Syari Bagi Muslimah

3. Mengobati Sakit Kepala

Serpihan celak yang dicampurkan dengan madu murni terbukti mampu meringankan sakit kepala. Kita bisa langsung meminumnya atau cukup mengoleskan campuran madu dan celak di sekitar dahi sambil dipijat ringan.

Selain sakit kepala, celak juga bisa dipakai untuk pengobatan luka bakar. Caranya adalah mencampurkan serpihan celak dengan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, kita oleskan secara rutin campuran bahan tersebut ke bagian kulit yang terluka.

4. Melentikkan dan Menumbuhkan Bulu Mata

Memiliki bulu mata lentik dan tebal agaknya menjadi impian kebanyakan perempuan. Itulah mengapa sebagian perempuan menggunakan bulu mata palsu agar terlihat cantik sempurna. Bahkan, ada juga yang berani melanggar syariat dengan melakukan ekstensi bulu mata, dan sulam alis.

Padahal, kita bisa melentikkan dan menumbuhkan bulu mata dengan cara alami, yaitu menggunakan celak itsmid. Perempuan Mesir percaya bahwa kandungan batu itsmid pada celak mempercantik tampilan bulu mata, dan mempercepat proses penumbuhan bulu mata.

Celak berbahan batu itsmid biasanya bisa dibeli di toko-toko yang menjual alat perlengkapan haji dan umrah. Selain mendapatkan pahala karena mengikuti sunah Rasul, kita juga mendapat manfaat kecantikan sekaligus kesehatan bagi mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.