Ilustrasi seorang laki-laki mengaalami gangguan tidur. Ils: northem virginia magazine.

Suaramuslim.net – Kamu pasti pernah susah tidur setelah minum kopi? Tetap berusaha keras agar bisa terlelap tapi hasilnya nihil. Bagi yang mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, ada berbagai cara cepat tidur yang dapat dicoba. Selain mengonsumsi obat dari dokter, cara-cara alami juga bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan tidur. Apa saja?

1. Tidur di jam yang sama tiap malam

Cobalah untuk menerapkan disiplin waktu tidur. Caranya dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh kamu terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama.

2. Matikan peralatan elektronik

Cara cepat tidur selanjutnya adalah dengan mematikan semua alat elektronik, seperti telepon seluler dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Jika kamu terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan ponsel, karena cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur terganggu.

3. Mandi air hangat

Kalau butuh relaksasi yang lain, kamu bisa mandi air hangat biar suhu tubuh cepat turun dan jadi mudah mengantuk setelahnya.

4. Minum segelas susu hangat

Kamu bisa menetralkan kafein dengan minum segelas susu hangat. Karena mengandung triptofan, susu bisa meningkatkan hormon serotonin dan melatonin yang bisa membuat seseorang jadi merasa ngantuk.

5. Hindari tidur setelah pukul 16.00

Sebisa mungkin hindari tidur siang setelah pukul 16.00 jika kamu tak mau susah tidur malam hari nanti.

6. Melakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

7. Lakukan gerakan ringan atau peregangan

Salah satu cara untuk menetralkan efek kafein dari kopi adalah dengan olahraga. Namun karena kamu ingin segera tidur, cukup lakukan gerakan ringan seperti melompat lompat atau melakukan perenggangan. Tidak perlu lama, cukup lakukan selama 5 menit saja.

8. Matikan lampu kamar

Terakhir, matikan lampu kamar agar bisa cepat tidur. Sebab, tidur dengan keadaan gelap akan membuat mata cepat terlelap dan bangun dengan lebih segar. Selain itu, tidur dengan keadaan gelap juga akan membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin. Hormon melatonin ini lah yang membuat kekebalan tubuh seseorang jadi meningkat.

Selamat mencoba tidur malam yang berkualitas!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.