Waspada! Terhadap 6 Jenis Makanan Pemicu Asam Lambung
Lemon

Suaramuslim.net – Pernahkah Kamu mengalami sakit yang disebabkan naiknya asam lambung? Salah satu penyakit yang sering dihubungkan dengan puasa adalah asam lambung. Namun, asam lambung juga sering dikaitkan dengan stres. Padahal tidak selalu begitu faktanya. Asam lambung disebabkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang kemudian membuat penderitanya sering diresepkan antiobiotik dan penekan asam oleh dokter.

Permasalahan pada lambung rasanya sering dialami oleh banyak orang. Ada bermacam-macam masalah pada lambung, seperti perut kembung, mulas, mual, dan muntah. Namun, pernahkah Kamu merasa panas pada perut disertai rasa mulas atau mual? Bisa jadi Kamu mengalami masalah dengan refluks asam lambung, yaitu saat asam lambung yang berlebih naik dari lambung ke tenggorokan.

Naiknya asam lambung pada sakit maag dan penyakit asam lambung, dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Rasa asam atau pahit di mulut dan tenggorokan dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. Selain itu, muncul rasa nyeri pada ulu hati, serta gejala lainnya yang sangat mengganggu. Karena itu, penting bagi Kamu untuk memerhatikan dan mengatur pola makan sebaik-baiknya, untuk mencegah asam lambung naik.

Baca Juga :  Ikan Laut Asap Dringu, Probolinggo

Salah satu penyebab refluks asam lambung adalah makanan dan minuman yang Kamu konsumsi. Untuk penderita asam lambung maka ada jenis makanan yang memang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Berikut ini jenis makanan yang bisa menyebabkan asam lambung.

Gorengan

Lumpia. (Foto: Hipwee)
Lumpia. (Foto: Hipwee)

Sebagai orang Indonesia, rasanya sulit menjauhi makanan satu ini. Gorengan atau makanan yang digoreng, termasuk makanan penyebab asam lambung naik. Makanan yang digoreng diketahui juga efektif meningkatkan asam dan membuat lambung terasa panas.

Kandungan lemaknya yang tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, makanan yang diolah dengan digoreng juga meningkatkan kadar kolesterol sehingga konsumsinya sebaiknya memang dibatasi.

Buah dan sayur yang rasanya asam

lemon
Lemon

Buah dan sayuran asam seperti jeruk, lemon, anggur dan jeruk nipis menjadi contoh buah yang bersifat asam yang menyebabkan asam lambung naik. Buah dan sayur ini menjadi makanan pantangan asam lambung. Kandungan asam pada buah dan sayuran ini dapat menyebabkan rasa mulas yang terasa seperti terbakar, dan sangat terkait dengan maag. Sensasi seperti terbakar ini terutama terjadi jika Kamu mengonsumsi buah dengan rasa asam ketika perut dalam keadaan kosong.

Baca Juga :  Dimensi Sosial Puasa

Di samping itu, penderita asam lambung sebaiknya menjauhi tomat. Tomat mengandung sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan produksi asam di lambung. Bagaimana pun tomat disajikan bahkan dengan dipanggang, tetap tidak berpengaruh untuk menekan produksi asam yang ada.

Makanan pedas dan berlemak

Penyetan tempe (Foto: IDNTimes)

Makanan bercita rasa pedas memang ampuh membangkitkan nafsu makan, namun sebaiknya dihindari oleh Kamu yang sedang menderita asam lambung. Masakan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam kerongkongan dan nyeri di ulu hati. Mulailah mengganti cabai dengan bahan lain yang tidak terlalu pedas namun tetap nikmat, misalnya merica.

Cokelat

Cokelat
Cokelat

Sayang sekali makanan enak ini juga harus dihindari oleh Kamu yang tidak ingin asam lambung naik. Cokelat mengandung tinggi lemak dan kokoa yang menyebabkan refluks. Kandungan theobromine dan kafein pada cokelat juga menyebabkan refluks. Di samping itu, cokelat turut memicu otot sfingter di kerongkongan melemas sehingga produksi asam meningkat.

Sebenarnya cokelat hitam (dark chocolate) mengandung lebih sedikit zat-zat penyebab refluks tersebut. Namun, agar lebih aman, sebaiknya hindari dahulu sampai benar-benar terbebas dari risiko asam lambung.

Baca Juga :  Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Haruskah?

Bawang bombay

Bawang bombay
Bawang bombay

Menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, pasien dengan asam lambung yang mengonsumsi bawang dapat mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu cepat (semakin rendah pH, asam pun semakin tinggi). Hal ini juga dapat menyebabkan sendawa dan mual.

Makanan yang mengandung banyak gas

Brokoli
Brokoli

Brokoli, kubis, kecambah, susu dan kacang-kacangan termasuk makanan yang mengandung banyak gas dan memicu perut kembung. Untuk itu, hindari makanan ini dalam jumlah berlebihan untuk mencegah risiko asam lambung naik.

Memang tidak mudah menghindari makanan penyebab asam lambung naik, karena rasanya yang enak dan mungkin sudah menjadi makanan favorit Kamu. Namun, sebaiknya bijak dalam memilih makanan agar terhindar dari sakit maag, karena naiknya asam lambung dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.