Inilah Alasan Mengapa Hati Harus Terpaut dengan Al Quran

28
Inilah Alasan Mengapa Hati Harus Terpaut dengan Al Quran

Suaramuslim.net – Dewasa ini, bermunculan komunitas dan berbagai organisasi tentang Al Quran. Berbagai komunitas dan organisasi itu, tentu saja akan memungkinkan untuk menjadi medium bagi kita untuk menautkan hati kita kepada Al Quran.

Ada beberapa manfaat yang sejatinya sungguh sangat besar akan kita dapatkan ketika kita sangat dekat dengan Al Quran, yang tidak hanya sekadar membacanya, namun juga mentadaburinya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat tersebut? Inilah manfaat bagi orang yang hatinya terpaut dengan Al Quran.

Keutamaan Membaca Al Quran

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi) Lewat hadits tersebut, Rasulullah memberi tahu kita tentang siapakah orang yang paling Allah cintai, tiada lain adalah orang yang senantiasa mendekatkan diri dengan Al Quran.

Demikian pula Sayid Qutub dalam bukunya Ma’alim Fii Ath-Thariq, menyebutkan tiga faktor yang menjadi rahasia mereka mencapai generasi terbaik seperti itu.

Pertama, karena mereka menjadikan Al Quran sebagai satu-satunya sumber pegangan hidup, sekaligus membuang jauh-jauh berbagai sumber-sumber kehidupan lainnya. 

Kedua, ketika membacanya mereka tidak memiliki tujuan-tujuan untuk tsaqafah, pengetahuan, menikmati keindahan ataupun tujuan-tujuan lainnya. Namun tujuan mereka hanya semata-mata untuk mengimplementasikan apa yang diinginkan Allah dalam kehidupan mereka.

Ketiga, mereka membuang jauh-jauh segala hal yang berhubungan dengan masa lalu ketika jahiliyah. Mereka memandang bahwa Islam merupakan titik tolak perubahan, yang sama sekali terpisah dengan masa lalu, baik yang bersifat pemikiran ataupun kebudayaan.

Manfaat Bagi Orang yang Hatinya Terpaut Al Quran

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi memaparkan hadits-hadits yang berkenaan dengan manfaat bagi mereka yang senantiasa membaca Al Quran.

Menurut Imam Nawawi, Al Quran akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Amamah radhiyallahu ‘anhu,  bahwa dirinya mendengar Rasulullah, bersabda, “Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

Berikutnya, dengan mendekatkan diri dengan Al Quran, manusia akan mendapatkan predikat insan terbaik. Hadist yang diriwayatkan dari Usman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Bagi yang mahir membaca Al Quran, akan mendapatkan pahala dan akan bersama malaikat di akhirat.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhaa, berkata; bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang membaca Al Quran dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim).

Manfaat yang lain dari Al Quran adalah mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar. “Dan orang yang membaca Al Quran, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim).

Tak hanya itu, orang yang dekat dengan Al Quran, akan diangkat derajatnya oleh Allah ta’ala baik di dunia maupun di akhirat.

Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al Quran), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Inilah beberapa manfaat bagi siapa saja muslimin yang hatinya terpaut dengan Al Quran. Semoga kita termasuk dalam golongan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here