Suaramuslim.net – Di saat kita terserang virus flu, tubuh akan terasa tidak enak dan lemas sehingga membuat nafsu makan menurun. Padahal, untuk membangun daya tahan tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi.

Sup dapat menjadi salah satu pilihannya. Kuah sup dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi flu dan hidung tersumbat akibat produksi lendir berlebih. Uap yang keluar ketika mengkonsumsi kuah sup juga dapat membantu indra perasa menjadi lebih baik walau sedang mengalami flu.

Sup Tempe Kaya Rempah, Menu Andalan Saat Terkena Flu

Di saat ingin memulihkan flu, namun bosan dengan sup ayam ataupun daging, sup tempe kaya rempah ini sangat bisa menjadi alternatif menu andalan. Selain mudah mendapatkan bahan-bahannya, mudah cara memasaknya, rasanya tak kalah dengan sup ayam maupun daging. Anda mau mencoba? Bolehlah penulis bagi resepnya.

Bahan:

1 papan Tempe
1 buah Kentang
¼ bagian Lobak
1 buah Wortel
3 helai Daun bawang
1 buah Bawang Bombay
3 buah Bawang putih
2 helai Daun jeruk
1 ruas Jahe
3 buah Cengkeh
Secukupnya Merica
Secukupnya garam
½ ruas kunyit (untuk mempercantik warna sup)

Baca Juga :  Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan Tiba
Cara membuat:
  1. Panaskan air dalam panci
  2. Potong dadu tempe,dan semua sayuran.
  3. Iris bawang Bombay dan bawang putih.
  4. Haluskan kunyit
  5. Masukan semua bahan ke dalam air mendidih
  6. Tambahkan daun jeruk, jahe, cengkeh. Lalu bubuhi merica dan garam. Bisa juga ditambah kaldu jamur , ayam atau daging untuk menyedapkan rasa.
  7. Koreksi rasa, dan sup tempe kaya rempah siap untuk disantap hangat-hangat.sup tempe

Jika ada yang bertanya kenapa bawang putihnya tidak ditumis menggunakan minyak dahulu, melainkan semua bahan langsung dimasak menjadi satu, hal ini karena sup ini dibuat untuk memulihkan flu. Selamat mencoba!

Kontributor: Ummu Naura
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here