Ilustrasi nyeri haid. Ils: Mojok.co

Suaramuslim.net – Banyak mitos seputar haid yang beredar, salah satunya mengenai minuman bersoda. Katanya, minum soda saat haid bisa menyebabkan nyeri perut hebat. Bahkan, minum soda saat haid juga diduga bisa menyebabkan gangguan kesuburan dan kanker. Benarkah demikian?

Sebelum mengungkap kebenaran di balik rumor tersebut, kamu perlu tahu bahwa haid membuat tubuh wanita mengalami perubahan hormon. Kondisi ini mengakibatkan wanita lebih memilih mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat, termasuk minuman bersoda. 

Minuman bersoda sebabkan kanker

Soda dan minuman dingin tetap memberi efek buruk buat kesehatanmu saat haid. Dilansir dari Live Strong, mengonsumsi minuman bersoda saat datang bulan bakal memicu PMS yang lebih buruk. Ini dikarenakan kebanyakan minuman bersoda mengundung kafein yang sangat tinggi. 

Menurut Dr. Joseph Mercola, penulis buku dan pendiri Optiman Wellness Center di Illinois, Amerika Serikat, kafein bisa meningkatkan jumlah estrogen dan bisa meningkatkan risiko munculnya kanker endometrium serta payudara.

Kepada Live Strong dia mengatakan, minuman berkafein seperti soda dan jus buah kalengan lebih banyak merugikan kaum perempuan. 

Efek minum minuman bersoda saat haid

Dilansir dari laman She Knows, minuman bersoda selain akan menimbulkan atau memperburuk PMS, juga bisa bikin haid tidak lancar. Hal ini dapat menyebabkan telat datang bulan.

Berbagai penelitian pun telah menunjukkan bahaya minum soda saat haid. Dikatakan bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan masalah kesuburan di waktu yang akan datang.

Minuman bersoda membuat perempuan haid lebih sering mengalami gejala PMS

Mengutip dari laman Hallo Sehat, wanita yang rutin mengonsumsi minuman bersoda selama periode menstruasinya terbukti mengalami gejala PMS yang lebih parah dari biasanya, jika dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi soda sama sekali saat siklus menstruasinya.

Gejala PMS termasuk sakit kepala, kram, nyeri payudara, kembung, perubahan suasana hati, sakit punggung, kecapekan, dan mudah marah. Semua gejala di atas diperparah dengan konsumsi kafein yang berlebihan.

Itulah sebabnya minum soda tidak disarankan pada wanita yang sedang dalam siklus datang bulan atau haid. Untuk sahabat muslimah yang sangat suka minum soda, sebaiknya mulai membatasinya dari sekarang, terutama saat sedang menstruasi.

Kamu bisa mengganti minum soda dengan mengonsumsi makanan atau minuman lain yang lebih sehat. Minumlah dua liter air putih setiap hari dan konsumsi buah serta yoghurt rendah lemak. Ini dapat membantu tubuh tetap bugar selama masa menstruasi.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.