Ilustrasi kartu true and false. Foto: instagram/la_profe_raquel

Suaramuslim.net – Masyarakat di Indonesia pada umumnya sangat lekat dengan berbagai mitos. Dan kamu akan dengan mudah mendapati mitos-mitos tertentu dalam berbagai macam hal.

Terkadang mitos-mitos tersebut sangat tidak rasional, namun tetap saja banyak orang yang terkekang kebebasannya karena memperdulikan mitos-mitos tersebut. Mereka khawatir akan tertimpa masalah jika melanggarnya. Beberapa mitos yang akan kita bahas pada diskusi kali ini diantaranya adalah mitos-mitos seputar sebelum kehamilan.

Selama ini kamu mungkin telah mengenal begitu banyak mitos kehamilan yang beredar, begitu juga dengan mitos sebelum kehamilan. Ada baiknya kamu membandingkan mitos-mitos tersebut dengan fakta yang ada sehingga tahu apakah mitos-mitos tersebut benar adanya. Apabila tidak terbukti kebenarannya maka tidak ada alasan bagi kita untuk terus khawatir dan terbelenggu di dalamnya. Jangan sampai pemahaman yang tidak benar menimbulkan kesalahan saat program hamil.

Seperti yang suaramuslim.net bahas sebelumnya mengenai Benarkah Mitos Seputar Ibu Hamil dan Bayi?, kali ini suaramuslim.net membahas mitos dan fakta seputar pra-kehamilan. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan di bawah ini mitos dan fakta seputar pra-kehamilan.

1. Kokok ayam jantan

  • Mitos: Kokok ayam jantan di tengah malam isyarat ada wanita hamil di luar nikah
  • Fakta: Tidak benar. Keyakinan ini sama sekali tidak ada hubungannya dan tidak berlandaskan dalil.

2. Faktor karena terlalu lelah

  • Mitos: Cemas, stress, lelah menyebabkan tidak hamil-hamil.
  • Fakta: Belum tentu benar. Belum ada penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara cemas, stress, dan kelelahan dengan tertundanya kehamilan.

3. Kegemukan? benarkah?

  • Mitos: Kegemukan menyebabkan sulit hamil.
  • Fakta: Bisa benar. Kegemukan mempengaruhi kesuburan sehingga bisa sulit hamil. Bila hamil pun, berisiko untuk janin dan persalinan.perbaiki gizi dan pola makanmu.

4. Ini bukan penyakit menular ya!!!

  • Mitos: Harus sering pegang perut ibu hamil lain supaya tertular hamil.
  • Fakta:Salah. Hamil bukan penyakit menular.

5. Nggak harus seperti itu, Mom!!!

  • Mitos: setelah selesai berhubungan intim, wanita dianjurkan mengangkat kaki / sikap lilin agar sperma tak terbuang sia-sia dan dapat masuk semua untuk membuahi telur
  • Fakta: Kurang tepat. Meski tidak di angkat kakinya, ada sperma yang tetap akan keluar dan juga ada kemungkinan yang bisa masuk membuahi telur.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.