Opor ayam. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Makanan yang mengandung santan seperti opor identik dengan momentum Lebaran. Selama ini, santan yang berasal dari kelapa sering dianggap sebagai bahan makanan yang bisa memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Nutrisi yang terdapat dalam santan

Santan mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi, sehingga membuatnya kaya akan kalori. Santan juga merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu cangkir santan mentah:

  • Kalori: 445 gram.
  • Air: 164,71 gram.
  • Protein: 4,57 gram.
  • Lemak: 48,21 gram.
  • Karbohidrat: 6,35 gram.
  • Kalsium: 41 miligram.
  • Potasium: 497 miligram.
  • Magnesium: 104 miligram.
  • Zat besi: 7,46 miligram.
  • Vitamin C: 2,30 miligram.

Kandungan lemak jenuhnya yang tinggilah yang membuat santan dianggap dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat dan menambah berat badan. 

Manfaat santan untuk kesehatan

Padahal menurut penelitian, ada tiga manfaat yang dapat diberikan santan untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Santan mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang dipercaya oleh para peneliti dapat menurunkan berat badan. MCT dapat memicu produksi energi melalui proses yang disebut thermogenesis atau produksi panas. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT berperan dalam mengurangi berat badan dan ukuran pinggang. Trigliserida ini juga dapat menyeimbangkan mikrobiota usus yang tidak stabil. Mikrobiota usus yang tidak seimbang adalah pemicu obesitas.

Kemudian, sebuah studi tahun 2015 pada pria yang kelebihan berat badan juga menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MCT saat sarapan, asupan makanan mereka jadi berkurang di kemudian hari. 

Sedangkan temuan dari studi 2018 menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang dipercayai banyak peneliti dapat mendorong penurunan berat badan. Insulin adalah hormon yang berperan penting dalam memecah glukosa dan mengontrol kadar gula darah.

2. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat santan murni yaitu dapat menurunkan kolestrol. Perlu diingat bahwa jika kamu ingin menurunkan kolestrol, maka kamu harus mengonsumsi santan murni. Bukan malah memakai santan yang sudah mengalami proses pengolahan terlebih dulu dalam pemilihan sebagai bahan masakan.

Dengan mengonsumsi santan murni dapat menurunkan kolesterol kamu dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam laurat yang terkandung dalam santan murni dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi santan murni juga kolesterol LDL (buruk) yang terdapat dalam tubuh kamu akan mengalami penurunan dan kolesterol HDL (baik) sebesar 18% akan mengalami peningkatan.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kelapa mengandung asam laurat, yang dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Santan kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi dan menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis, dan Streptococcus pneumoniae. Dengan begitu, hal tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

5. Membantu melancarkan pencernaan

Orang yang sulit mencerna laktosa (lactose intolerant) dapat beralih ke santan karena lebih kemungkinannya lebih kecil untuk mengganggu pencernaan. Santan juga dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.