Tauge atau kecambah. Foto: Fimela.com

Suaramuslim.net – Terdapat cerita yang beredar di masyarakat Indonesia bagi pasangan baru menikah atau bagi pasangan yang lama menikah tapi belum dikaruniai keturunan, ada baiknya banyak-banyak mengonsumsi tauge. Benarkah hal ini?

Fakta tauge

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan kesuburannya. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti dari sinar matahari, kurang tidur, maupun dari asap rokok.

Sehingga, kandungan antioksidan yang banyak dalam tubuh dapat membantu melindungi kualitas sperma pria.

Nah, tauge mengandung banyak sekali antioksidan, dalam bentuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Dalam satu cangkir tauge mentah terdapat 14 mg vitamin C, 22 IU vitamin A dalam bentuk betakaroten dan alfakaroten, dan 0,1 mg vitamin E dalam bentuk alfatokoferol.

Jadi, dengan makan toge kamu dapat memeroleh banyak sekali antioksidan yang dapat menjaga kualitas sperma.

Tauge mengandung asam folat

Dikutip dari hellosehat, tidak hanya antioksidan, tauge juga mengandung asam folat yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Jadi, tidak hanya wanita saja yang harus memenuhi kebutuhan asam folatnya sebelum mencoba hamil, tapi kaum pria juga memerlukan nutrisi ini.

Apa pengaruh asam folat pada kesuburan pria?

Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9 sangat diperlukan untuk membantu membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta membuat sel-sel darah merah yang sehat. Jadi, pemenuhan kebutuhan asam folat ini tentu sangat diperlukan baik bagi pria maupun wanita sebelum mereka mencoba memiliki keturunan.

Selain makan tauge, makanan lain yang juga mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, daun kale, dan sayuran hijau lainnya. Kentang, jeruk, dan sereal yang telah diperkaya juga mengandung asam folat. Untuk itu, sangat disarankan pada pria agar memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Kandungan nutrisi lain dalam tauge

Dalam tauge juga terkandung vitamin K dan zat besi, walaupun jumlahnya tidak terlalu tinggi. Dalam satu cangkir tauge mentah terkandung 34 mg vitamin K dan 1 mg zat besi. Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan juga untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

Sementara, zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan juga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.