Ilustrasi dokter dan stetoskop. Ils: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Setiap orang perlu mengetahui berapa tekanan darah yang normal untuk dirinya sebagai upaya pencegahan hipertensi. Sebabnya, hipertensi masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), tekanan darah normal bagi orang dewasa adalah 120/80 mmHg. Angka 120 hhmHg menunjukkan tekanan sistolik, yaitu tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Sementara angka 80 mmHg menunjukkan tekanan diastolik, yaitu tekanan saat otot jantung relaksasi dan menerima darah yang kembali dari seluruh tubuh.

Klasifikasi tekanan darah menurut WHO

Tekanan darah seseorang dapat diklasifikasikan berdasarkan tingginya. Setiap klasifikasi menunjukkan kondisi kesehatan jantung dan penanganan yang perlu diberikan untuknya. Berikut adalah klasifikasi tekanan darah menurut WHO:

1. Normal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tekanan darah normal menurut WHO adalah kurang atau sama dengan 120/80 mmHg. Tekanan darah normal perlu dijaga setiap harinya. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan ideal, hingga berolahraga teratur.

2. Prahipertensi

Tekanan darah dapat mencapai prahipertensi jika angkanya di atas 120/80 mmHg hingga 139/89 mmHg. Kondisi prahipertensi memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kejadian penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Perubahan gaya hidup sehat dan resep obat penurun tekanan darah dari dokter mungkin diperlukan pasien, agar tidak risiko terjadinya kondisi medis serius menurun.

3. Hipertensi

Tekanan darah dianggap hipertensi jika angkanya di atas 140/90 mmHg. Pada tahap ini, biasanya dokter akan meresepkan beberapa kombinasi dari obat pengontrol tekanan darah, seperti ACE inhibitor, alpha-blockerbeta-blocker, dan diuretik. Selain itu, penderita juga tetap harus menjalani gaya hidup sehat sesuai dengan rekomendasi dokter.

Tips untuk menjaga tekanan darah normal

Tekanan darah merupakan salah satu tanda vital tubuh yang harus dipantau secara berkala. Dengan memiliki tekanan darah normal, fungsi tubuh kamu akan mampu bekerja secara optimal, serta mencegah risiko kesehatan serius akibat hipertensi.

Sebagai upaya menjaga tekanan darah normal menurut WHO, Kementerian Kesehatan RI memberikan tips pola hidup sehat dengan CERDIK.

Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan:

  • Cek kesehatan berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin beraktivitas fisik
  • Diet yang sehat dan seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres dengan baik

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk melakukan CERAMAH atau Cek Tekanan Darah di Rumah. Tentunya kamu jadi perlu memiliki tensimeter di rumah. Namun dengan begini, kontrol tekanan darah jadi lebih efisien dan praktis. Akan tetapi ingat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat tips dan petunjuk yang tepat dalam mengukur tekanan darah di rumah.

Jika kamu tidak memiliki tensimeter di rumah, jangan lupa rutin mengunjungi dokter untuk pemeriksaan kesehatan, paling tidak 1 tahun sekali. Ini penting dilakukan karena hipertensi bisa saja datang tanpa adanya gejala. Namun, jangan khawatir, bila memang tekanan darah kamu tinggi, dokter akan memutuskan penanganan apa yang cocok untuk mengatasinya.

Sumber: Alodokter

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.