Tips Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

427
Tips Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

Suaramuslim.net – Melakukan perjalanan ke luar negeri memang menyenangkan. Kendalanya, saat mencari makanan halal. Sebenarnya, tidak sulit mencari makanan yang halal saat kita berada di luar negeri, asalkan kita tahu trik-triknya.

Bagi kita umat Islam, makanan halal adalah yang tidak bisa lagi ditawar. Di luar negeri, sangat sulit mencari makanan halal. Bahkan di makanan ringan pun mengandung daging babi di dalamnya. Mencari daging ayam maupun sapi, kita tidak tahu, bagaimana cara menyembelihnya. Memesan minuman pun, kita tidak tahu, apa yang ada di dalamnya. Berikut adalah panduan singkatnya sebagaimana dilansir dari website jalan2.com

  1. Cari Info
-Advertisement-

Di era digital ini, untuk mencari informasi terkait makanan halal tentu tidak sulit. Apalagi jika negara yang dikunjungi adalah negara yang paling banyak didatangi turis dari berbagai belahan dunia tentu mereka akan mencantumkan daftar makanan halal di website atau blog.

Selain itu kita bisa mendapat  info dari traveler di komunitas jalan- jalan. Cari teman yang dalam forum tersebut pernah mengunjungi negara yang sedang kita tuju. Jika tidak menemukan, datangilah kantor imigrasi setelah sampai di negara yang dikunjungi kemudian kita bisa bertanya kepada karyawan yang beragama Islam. Dengan begitu, kita akan mendapat info valid tentang restaurant halal yang recomended.

Selain itu, ada aplikasi yang memudahkan kita mencari makanan halal. Bagi pengguna smartphone android, bisa didownload di playstore dengan kata kunci “halal”, kita akan dituntun untuk mencari restoran yang halal.

  1. Islamic Center

Pada umumnya, umat muslim yang tinggal di negara yang mayoritas non muslim mereka cenderung berkumpul dan membentuk komunitas sendiri baik itu disebuah Masjid Raya ataupun Islamic Center.

Baca Juga :  Minuman Bir Ini Halal dan Menyehatkan Lho!

Maka dari itu, Islamic Center bisa menjadi tempat tujuan pertama untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang tempat-tempat, food court atau restoran yang menjual makanan halal.

  1. Bekal

Solusi selanjutnya, jika ingin benar-benar memastikan bahwa makanan yang kita makan adalah halal untuk dikonsumsi, alangkah baiknya jika kiat membawa bekal sediri.

Biasanya makanan yang paling mudah dibawah serta tahan lama dalam jangka waktu yang agak panjang yaitu abon. Jika ingin agak fresh bisa juga membawa makanan instan dari tanah air seperti mie, sarden, nugget, kornet, atau pudding instan.

  1. Masak Sendiri

Trik agar tetap sehat dan mengusir rasa bosan dengan makanan instan, paling enak adalah masak sendiri dengan bahan-bahan yang halal dan segar untuk dimasak. Tetapi itu bisa kita lakukan setelah mendapatkan tempat- tempat yang menjual bahan makan halal disekitar lokasi yang kita tuju. Yang terpenting juga, carilah tempat penginapan yang menyediakan fasilitas dapur bagi para pengunjungnya.

  1. Mengenali Restaurant Halal

Jika merasa ragu dengan restoran yang belum jelas kehalalannya alangkah baiknya mencari restoran yang memiliki label halal. Meski cita rasa tetap sesuai dengan negara itu, minimal bahan dan  bumbu yang dipakai menggunakan bahan yang dihalalkan. Apalagi di era saat ini, menjual makanan halal seolah menjadi tren di negara-negara yang mayoritas non muslim. Maka, jangan lagi takut atau ragu untuk bepergian ke luar negeri.

  1. Kenali Istilah Babi

Di Negara yang mayoritasnya non-muslim, babi adalah binatang yang paling umum dijadikan bahan makanan. Bukan hanya dagingnya saja, bahkan lemak dan kulit babi pun seringkali dijadikan campuran dalam berbagai hidangan, baik itu makanan berat, camilan, bahkan minuman. Inilah yang agak sulit untuk dihindari oleh para muslim traveler. Bahkan, tak jarang pula muslim yang terjebak pada jenis makanan seperti ini. Maka, kenalilah istilah-istilah makanan yang mengandung unsur babi dengan cara browsing di internet.

  1. Vegetarian

Trik lain untuk terhindar dari makanan yang diragukan kehalalannya, langkah yang paling mudah adalah dengan menjadi vegetarian selama berada di luar negeri terutama negara yang mayoritas non muslim.

Baca Juga :  Soerabaia Tempo Doeloe “Es Gronjong“

Di sisi lain, sayuran sangat mudah didapatkan di supermarket dan jauh dari unsur- unsur daging. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi susu atau telur yang berasal dari binatang yang halal untuk dikonsumsi.

  1. Seafood

Pilihan terakhir, jika berada di luar negeri carilah makanan seafood yang notabene bahannya dari laut.

Kontributor: Yetty
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here