Home Headline Waspada! 7 Masalah Kesehatan Ini Terjadi Jika Usus Kotor

Waspada! 7 Masalah Kesehatan Ini Terjadi Jika Usus Kotor

0
Ilustrasi laki-laki sakit perut. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Tahukah kamu bahwa usus kotor akibat makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari bisa membahayakan kesehatan? Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh tidak semuanya dicerna dan diserap nutrisinya. Sisa atau ampasnya akan dibawa ke usus besar untuk dipilah-pilah dan dikeluarkan melalui organ pembuangan.

Karena makanan yang sehat akan diserap sempurna oleh usus, sementara yang tidak sehat akan menumpuk di dinding usus dan bisa menyebabkan beberapa penyakit. Berikut penyakit yang bisa menyerang akibat usus yang kotor.

1. Susah buang air besar

Sembelit menandakan bahwa usus penuh dengan sisa-sisa makanan. Makanan yang tidak sehat, stress, serta sering mengonsumsi obat-obatan dapat mengakibatkan usus tidak memproduksi banyak lendir. Lendir pada usus berfungsi untuk melancarkan saluran di dalam usus, dan sampah-sampah makanan tersebut mudah dikeluarkan dari perut.

2. Bau mulut

Nah, ini paling sering terjadi. Bau mulut terjadi akibat usus kotor karena sisa makanan. Makanan sisa yang menumpuk tersebut mengeluarkan gas yang berbau kurang sedap. Bau gas tersebut bisa membuat napas kamu menjadi berbau tidak enak.

3. Kelelahan

Kelelahan ternyata dapat diakibatkan oleh racun sisa makanan yang masuk ke dalam darah. Racun tersebut merupakan hasil dari sisa makanan yang menumpuk dan membuat usus kotor. Akibatnya sistem kekebalan tubuh menurun, dan meningkatkan risiko mengalami penyakit infeksi.

4. Berat badan susah turun

Sulit menurunkan berat badan bisa jadi pertanda jika usus dipenuhi racun lho. Hal ini karena meski kamu rutin berolahraga dan mengurangi asupan kalori, racun yang bersarang di usus akan menyebabkan masalah hormonal pada tubuh. Oleh karena itu, waspada dengan kemungkinan tersebut.

5. Kanker

Sekitar 70 persen bakteri di dalam tubuh bersarang di usus. Ketika usus dalam keadaan kotor, maka akan banyak bakteri yang menumpuk dan bisa memengaruhi pertumbuhan sel jahat dalam tubuh. Termasuk sel kanker.

6. Kekebalan tubuh menurun

Organ pencernaan terutama usus besar bertanggung jawab sebesar 80 persen terhadap kekebalan tubuh seseorang. Jika bagian ini bermasalah, tentu sistem imun di dalam tubuh jadi menurun dan gampang sakit. (Sumber: Hipwee.com).

7. Gampang jerawatan

Racun dan kotoran yang gagal dibuang oleh usus akan berusaha dibuang lewat kulit. Efeknya, kulit terlihat kusam dan timbul masalah seperti gatal-gatal, eksim, jerawat dan psoriasis. Karena penyerapan vitamin dalam usus terganggu akibat tumpukan kotoran tadi, nutrisi kulit jadi sulit terpenuhi dan kulit pun akan semakin bermasalah. (Sumber: Hipwee.com).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.