Ini Bukti Bahwa Al Qur’an Mukjizat Terbesar

Al Quran Mukjizat Terbesar

Suaramuslim.net – Meskipun sudah wafat, mukjizat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih bisa dirasakan hingga saat ini. Apakah itu? Al Qur’anul kariim. Berikut penjelasannya.

Imam Masjid Istiqlal KH Muhasim Abdul Majid mengatakan, Al Qur’an adalah mukjizat Nabi yang paling besar. Disebut sebagai mukjizat terbesar karena berfungsi sebagai petunjuk bagi setiap manusia dan juga pembeda mana yang hak dan mana yang batil. Menurut Kiai Muhasim, semua aktivitas di langit dan di bumi serta semua isinya sudah dirangkum di dalam Al Qur’an.

-Advertisement-

Salah satu bukti lain bahwa Al Qur’an merupakan mukjizat yang besar adalah dilihat dari proses turunnya dari Baitul Izzah sampai ke Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang  memiliki makna tersendiri. Al Quran diturunkan sesuai dengan peristiwa dan kejadian yang menimpa kaum Muslimin saat ini.

Menurutnya, proses diturunkan Al Qur’an juga merupakan kelebihan lain yang dimiliki kitab suci itu dibandingkan dengan kitab-kitab sebelumnya, seperti Injil, Zabur, dan Taurat. Al Qur’an menjadi mudah dihafal oleh para sahabat dan menghujam dalam hati mereka. “Hingga kini pun Al Qur’an mudah dihafal di antara kitab lain oleh orang-orang pilihan,” sebutnya.

Kiai Muh menjelaskan, kandungan ayat di dalam Al Qur’an juga begitu mudah dipahami karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Al Qur’an juga sebagai mukjizat karena Allah sendirilah yang menjaga kemurniannya.

Seperti yang ditulis dalam surat Al-Hijr bahwa Allah yang menurunkan Al Qur’an maka Allah yang menjaganya dari segala bentuk kerusakan. Al Qur’an tetap terjaga keasliannya, mulai dari panjang pendeknya bacaan dan penulisan mushaf. “Tempat turunnya saja masih terjaga dengan baik, begitu juga dengan Nabi Muhammad yang menjadi penyampai Al Qur’an, dan itu bukti keoriginalan Al Qur’an,” katanya.

Al Qur’an Merupakan Kekuatan Dakwah Rasulullah

Senada dengan pernyataan diatas, Pimpinan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah KH Noer Muhammad Iskandar juga  mengatakan, bahwa Al Qur’an juga menjadi kekuatan Nabi Muhammad dalam menyampaikan dakwahnya.  Ada beberapa faktor dalam hal ini, menurut Kiai Noer, “Pertama, Al Qur’an sebagai wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Kedua, budi pekerti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu indah. Ketiga karena memang Al Qur’an itu tidak hanya bermanfaat untuk umat Islam saja tetapi untuk semua kalangan umat atau yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Kiai Noer Muhammad memastikan, tidak ada yang bisa menandingi keindahan bahasa Al Qur’an. Maka, tak heran banyak umat di luar Islam yang jika Allah subhanahu wa ta’ala berkehendak mendapatkan hidayah dan petunjuk langsung masuk Islam. “Itulah kekuatan kalamullah,” ujarnya.

Menurut Kiai Noer, bagi orang yang ikhlas membaca dan mendengarkannya untuk bisa memahami Al Qur’an maka Allah akan memberikan petunjuk untuk mendapatkan taufik dan hidayah. “Jadi, bukan hanya membaca yang ikhlas, yang mendengarkan bacaan Al Qur’an juga harus ikhlas,” katanya.

Al Qur’an Berbeda dengan Mukjizat Sebelumnya

Salah satu bukti lainnya bahwa Al Qur’an merupakan mukjizat terbesar adalah bedanya sifat mukjizat dari mukjizat yang sebelumnya. Mukjizat-mukjizat yang diberikan kepada para nabi terdahulu banyak yang berupa fenomena kasatmata.

Sebagai contoh, Nabi Shalih ‘alaihissalam mampu menampakkan beberapa ekor unta yang dikeluarkan dari batu, Nabi Ibrahim tidak hangus dan masih hidup meski dibakar dengan api yang sangat besar.

Nabi Musa ‘alaihissalam diberi tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar dan bisa dengan binatang dan mengendalikan membelah lautan, Nabi Sulaiman AS mampu berbicara angin. Nabi Isa ‘alaiahissalam mampu menyembuhkan orang sakit dan bahkan menghidupkan orang yang sudah mati, dan lain sebagainya. Semua itu merupakan mukjizat-mukjizat yang sangat besar.

Rasulullah pun diberi mukjizat yang sangat besar. Mukjizat ini benar-benar sangat berbeda dengan mukjizat-mukjizat para nabi terdahulu. Mukjizat terbesar tersebut adalah Al Qur’an. Itulah mukjizat yang tak tertandingi.

Salah satu hal yang luar biasa dari Al Qur’an adalah ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya dan hal itu tidak ada di mukjizat-mukjizat para nabi terdahulu. Dengan demikian, Islam, agama yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mempunyai perhatian khusus perihal ilmu pengetahuan, yang tak akan pernah habis tergerus masa.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.