Intip 3 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ini
Alat-alat perawatan rambut.

Suaramuslim.net – Rambut adalah pelindung organ kepala sekaligus mahkota bagi pemiliknya. Namun, berbagai masalah yang menyerang rambut bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Salah satunya adalah rambut rontok. Agar masalah rambut rontok teratasi dengan baik dan rambut terawat sehat, yuk intip 3 cara mengatasi rambut rontok yang dikutip dari buku “99% CASSH” berikut:

1. Pahami penyebab kerontokan

Obat-obatan menjadi salah satu penyebab rambut rontok.
Obat-obatan menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Memahami penyebab kerontokan rambut adalah salah satu cara mengatasi rambut rontok. Jika kita tahu penyebabnya, maka kita dapat menghindarinya agar rambut kita tetap sehat terawat.

  • Stres

Stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Cegah stres yang berlebihan dengan menghindari penyebab rasa cemas. Perbanyak beribadah dan melakukan aktivitas yang dapat menghilangkan stres.

  • Radiasi dan pemakaian obat-obatan yang terlalu keras saat menjalani pengobatan.
  • Hamil dan melahirkan

Saat hamil, pemenuhan kebutuhan oksigen berpusat pada janin sehingga pasokan oksigen untuk rambut menjadi berkurang dan mengakibatkan rambut rontok. Namun, beberapa bulan setelah melahirkan kondisi rambut akan kembali seperti semula.

2. Perhatikan nutrisi yang diperlukan agar rambut tetap sehat

Irisan jeruk.
Irisan jeruk.

Tubuh kita memerlukan berbagai nutrisi agar tetap sehat. Begitu pun rambut. Perhatikan kecukupan nutrisi berikut ini untuk mencegah rambut rontok:

  • Air
Baca Juga :  6 Penyebab Kerontokan pada Rambut

Cukupi kebutuhan cairan sebanyak delapan gelas per hari agar rambut tetap lembab, lembut dan bersinar.

  • Protein

Protein berfungsi memperkuat helaian rambut agar tidak rontok dan mencegah agar ujung rambut tidak bercabang. Konsumsi makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan tempe. Selain itu, pemenuhan protein tinggi juga bisa didapat dari susu, yoghurt, kerang, udang, ikan, dan telur.

  • Mineral

Beberapa mineral penting seperti zat besi, magnesium, silica, dan betakaroten berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Mineral tersebut dapat kita temukan dalam berbagai produk sampo.

Adapun pemenuhan zat besi dari makanan bisa diperoleh dari daging merah dan sayuran berwarna hijau tua. Zat besi berperan dalam membawa oksigen ke rambut dan memberikan warna (pigmentasi) yang sehat pada rambut. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan rambut tampak kusam.

  • Vitamin

Penuhi kebutuhan vitamin, seperti vitamin A, B (B-6, B-12 dan folat) dan C. Vitamin A yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit kepala, terdapat pada sayuran berwarna cerah.

Sedangkan Vitamin B berperan membawa oksigen ke rambut, melembabkan rambut dan mencegah agar rambut tidak bercabang. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan rambut rapuh (mudah rontok) dan sulit tumbuh kembali setelah mengalami kerontokan. Vitamin B-6 terdapat pada ikan salmon, kentang, pisang, dan sereal gandum. Vitamin B-12 terdapat pada makanan laut, keju, dan susu kedelai. Untuk sumber folat bisa didapatkan dari bayam, brokoli, kacang panjang, dan kedelai.

Baca Juga :  Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Lebih lanjut, Vitamin C bermanfaat untuk pertumbuhan dan warna rambut serta memperlancar sirkulasi darah. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, dan tomat.

  • Zinc

Zinc berfungsi untuk memperbaiki kerusakan jaringan rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membantu persebaran kelenjaran minyak di seluruh kulit kepala. Banyak produk sampo yang mengandung zinc yang dapat kita jumpai di pasaran. Makanan yang mengandung zinc antara lain kerang, kepiting, daging ayam dan daging kalkun.

3. Lakukan tips penjagaan rambut

Tonik rambut. (Foto: shestudio.co)
Tonik rambut. (Foto: shestudio.co)

Untuk mencegah rambut rontok, lakukan beberapa tips berikut:

  • Rambut rontok perlu perhatian ekstra pada akar rambut. Ada baiknya bubuhkan tonik pada akar rambut setiap selesai keramas.
  • Jangan mengikat rambut saat tidur karena akan membuat rambut sulit bernafas.
  • Hindari penggunaan hairdryer. Saat rambut basah, sisir rambut dengan sisir yang bergigi jarang.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.