Sudahkah Anda Tahu Kurma Favorit Rasulullah dan Raja Arab

Suaramuslim.net – Kurma merupakan jenis makanan yang sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ini karena Rasul senantiasa mengkonsumsinya setiap hari. Penemuan teknologi kesehatan moderen juga telah membuktikan puluhan manfaat buah kurma bagi kesehatan.

Tanaman kecil berwarna merah dan cokelat ini punya beragam jenis. Salah satunya menjadi kesenangan nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Iya, kurma Ajwa merupakan kurma favorit sang nabi. Nama Ajwa diambil dari nama salah satu putra sahabat nabi bernama Salman Al-Farisi. Sahabat yang diketahui baru hijrah ke agama Islam itu mewakafkan kebun kurma yang dimilikinya demi jihad agama Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menghargai pengorbanan Salman Al-Farisi dan mengambil nama salah satu putra Salman menjadi nama kurma ditanam di kota Madinah. Sejak itu, pohon kurma yang sampai saat ini hanya berjumlah sekitar 100 pohon di Madinah itu dinamakan kurma Ajwa.

Selama ini kurma Ajwa dikenal sebagai kurma kesukaan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, dan harganya paling tinggi di antara jenis kurma lain. Keistimewaan kurma yang hanya bisa tumbuh baik di kota Madinah ini dilihat dari teksturnya yang halus dan lembut saat dimakan. Kedua, warnanya hitam mengkilap dan kerap berkerut di kulit luarnya yang kadang membentuk seperti asma Allah.

Baca Juga :  Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Muda

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan keistimewaan kurma Ajwa:

Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. (HR Al-Bukhari dan Muslim)    

Lalu apa kurma favorit para raja Arab?

Buah kurma juga digemari oleh para raja Arab. Salah satu jenis kurma yang jadi favorit raja Arab adalah kurma sukari basah. Sensasi makan kurma sukari basah seperti makan buah yang lembut dan lumer di mulut, tak heran sukari basah menjadi kurma yang banyak disukai para raja negeri di Timur Tengah dan Saudi Arabia.

Ukurannya besar, daging buah berwarna cokat terang dan ujungnya kuning ranum. Daging buahnya sangat lembut sehingga lumer di mulut saat dimakan. Selain segi kualitas, Raja Arab menyukai Kurma Sukari Basah karena bisa menambah stamina, khususnya untuk laki-laki.

Seperti diketahui bahwa kurma punya banyak kandungan gizi untuk kesehatan tubuh. Seperti minyak, mineral, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium, vitamin dan serat. Kandungan gula dalam buah kurma juga terbukti bisa terserap tubuh dalam kurum waktu cepat, yaitu 45-60 menit, berbeda dengan penyerapan nasi yang memakan waktu berjam-jam.

Baca Juga :  Inilah Rahasia Medis Tahnik Bayi

Kontributor: Siti Aisah*
Editor: Oki Aryono

*Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Unair

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here